Mohon tunggu...
Nina Sulistiati
Nina Sulistiati Mohon Tunggu... Belajar Sepanjang Hayat

Pengajar di SMP

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Puasa dan Diet

15 April 2021   13:57 Diperbarui: 15 April 2021   14:07 292 21 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Puasa dan Diet
Menghitung berat badan ideal. Ilustrasihttps://review.bukalapak.com/

Pelaksanaan ibadah puasa sudah berlangsung selama tiga hari. Umat muslim hendaknya melaksanakan kewajiban berpuasa sebagaimana yang diperintahkan dalam Al quran surat Lukman ayat 183

Yaa ayyuhal laziina aamanuu kutiba 'alaikumus Siyaamu kamaa kutiba 'alal laziina min qablikum la'allakum tattaquun

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Selain menjalankan kewajiban sebagai umat muslim, puasa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari laman Kemenkes yang menjelaskan manfaat dari berpuasa yaitu :

  1. Detoksifikasi.Seseorang yang melaksanakan puasa sebenarnya tubuhnya itu sedang melakukan pembuangan zat-zat racun yang tidak dibutuhkan tubuh secara optimal.
  2. Regenerasi sel. Ketika menjalankan ibadah puasa, sel-sel dalam organ tubuh kita melakukan proses regenerasi (pembaharuan sel) dengan baik. Sel-sel yang tidak berguna akan dibuang secara otomatis oleh tubuh (autolisis)
  3. Meningkatkan Imunitas Tubuh. Puasa dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dimana fungsi dari sel-sel getah bening akan membaik 10 kali lipat
  4. Mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Jumlah asupan glukosa pada saat berpuasa dapat dikontrol sehingga kadar gula darah dalam tubuh tidak akan meningkat khususnya bagi penderita penyakit diabetes.
  5. Menyehatkan jantung. Penyakit jantung adalah pembunuh utama manusia. Pada tahun 2019 kematian akibat penyakit jantung terhitung 34,4 ribu jiwa. Puasa dapat membantu menurunkan tekanan darah, trigliserida, dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  6. Membantu Menurunkan Berat Badan. Puasa dalam jangka waktu tertentu disinyalir dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Peningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin dapat membantu menurunkan berat badan.

Bagaimana cara puasa agar menurunkan berat badan?

Sebagai orang yang memiliki tubuh overweight, puasa Ramadhan ini akan digunakan sebagai momen untuk menurunkan berat badan. Niat tambahan itu membuat saya mencari referensi bagaimana cara diet saat puasa. Berbagai referensi saya baca dan saya rangkum sebagai upaya untuk menuju berat badan yang ideal.

Ada pun hal yang perlu diperhatikan ketika ingin menurunkan berat badan saat Ramadan meliputi adalah :

  1. Memperhatikan asupan makanan ketika sahur dan berbuka. Kurangi asupan kalori yang berasal dari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, misalnya nasi putih, makanan yang terbuat dari tepung. Setiap hari kita bisa mengurangi asupan kalori 300 s.d. 500 kalori setiap hari. Ganti asupan kalori dengan mengganti makanan yang mengandung karbohidrat rendah. Makanan berserat dapadiperolah dari sayuran atau daging tanpa lemak. Asupan makanan yang banyak serat akan membantu diet
  2. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Boleh mengonsumsi daging sapi dan daging ayam asal wajar dan diolahnya bukan dengan cara menggoreng,
  3. Kurangi makan makanan yang diolah dengan cara digoreng.  Sebisa mungkin konsumsi makanan yang diolah dengan cara dikukus, direbus atau dipanggang,
  4. Kurangi mengonsumsi makanan bersantan. Santan adalah salah satu zat yang memiliki lemak yang tinggi.
  5. Janganlah makan cemilan saat berbuka. Cemilan biasanya mengandung gula yang cukup tinggi. Makanan yang memiliki kandungan gula tinggi hendaknya dihindari.
  6. Lakukan aktivitas setelah buka dan sahur dan tidak tidur setelah sahur karena bisa menimbun kalori yang baru masuk. Lakukan olahraga kecil yang tidak terlalu menguras tenaga,
  7. Membatasi makanan manis saat berbuka puasa, cukup makan 3 butir kurma sesuai dengan sunah nabi.
  8. Hindari meminum air yang mengandung soda atau soft drink. Dan lenih baik minum air mineral secukupnya, minimal delapan hingga dua belas gelas per hari. Saat berbuka disarankan meminum air putih hangat. Bila kta minum air putih lebih banyak maka perut akan merasa kenyang dan makan akan sedikit.   Riset dalam Journal of Endocrinology and Metabolism menyatakan bahwa orang yang minum enam gelas air putih sehari mengalami peningkatan metabolisme hingga 12 persen dan membakar 50 kalori ekstra. Tubuh bekerja lebih keras untuk membawa air ke suhu yang lebih hangat untuk mencernanya sehingga membakar lebih banyak kalori.  
  9. Melakukan aktivitas seperti biasanya. Jangan bermalas-malasan karena sedang berpuasa,
  10. Bila Anda memiliki kondisi tertentu dan ingin menurunkan berat badan saat puasa, silakan konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi.

Memiliki tubuh ideal bagi kaum wanita adalah suatu idaman. Momen puasa ini dapat dijadikan untuk menurunkan berat badan agar tubuh kita sehat, dan bugar.

VIDEO PILIHAN