Mohon tunggu...
Nina Andy
Nina Andy Mohon Tunggu... pemerhati dan menulis yang menarik hati

wiraswasta perpajakan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Budi Bahasamu Menunjukkan Siapa Dirimu

28 Mei 2019   09:30 Diperbarui: 28 Mei 2019   09:33 35 0 0 Mohon Tunggu...

LELUHUR DAN SEJARAH BANGSA INDONESIA MASA LALU                                                                                                                                                                                     

Bangsa Indonesia yang sejak jaman dahulu kala dikenal dengan bangsa yang berbudi luhur, bertingkah laku santun dan telah diwariskan oleh para leluhur, para Raja-raja, para Pemimpin-pemimpin terdahulu dan dalam pelajaran-pelajaran sejarah masa lalu, betapa santunnya Bahasa yang mereka gunakan.                                                               

Generasi muda harus belajar sejarah masa lalu bagaimana awal terbentuknya negara Indonesia, bagaimana Bahasa Indonesia dapat menjadi bahasa pemersatu bangsa Indonesia, padahal terdiri dari bermacam-macam suku dan budaya, sehingga memperoleh pemahaman, pengetahuan yang benar dan supaya tidak gampang dibohongi dengan informasi yang salah akhirnya percaya dengan informasi salah tersebut.

KEDATANGAN TEKNOLOGI DIGITAL                                                                                                                                                                                                                   Keteladanan para pendahulu yang ditunjukkan kepada rakyatnya patut diacungi jempol, namun dengan datangnya teknologi digital yang tidak bisa dibendung, .....tiba-tiba semuanya menjadi serba kilat....cepat, instan, hanya dalam hitungan detik, semua langsung bisa diakses dan sangat berdampak pada pola pikir, perilaku, ucapan-ucapan dan lain-lain.                                                                                                             

Teknologi digital yang sangat canggih dan memiliki nilai manfaat sangat tinggi saat ini, sudah bisa dinikmati hingga ke pelosok tanah air, jika di gunakan, dengan cara positive dan berada ditangan yang tepat, akan menghasilkan manfaat yang baik, menimbulkan kreatifitas luar biasa, menciptakan kreator-kreator yang mumpuni.                                                                                                                                                                           

Dan kebalikannya apabila berada ditangan yang tidak tepat, digunakan dengan cara yang tidak tepat pula, maka bisa dipastikan akan menghasilkan dan menimbulkan kekacauan-kekacauan yang tidak terhindarkan.....ucapan-ucapan tidak sopan dan tidak patut.

MASA TRANSISI                                                                                                                                                                                                                                                               Saat ini merupakan masa transisi dari era konvensional menuju  era teknologi digital sehingga terjadi pergeseran, perubahan nilai budaya, norma dan etika-etika perilaku yang terjadi dalam masyarakat saat ini. Mau tidak mau, siap tidak siap semua bangsa di dunia harus sudah mempersiapkan diri menghadapi serbuan alih teknologi digital

DAMPAK TEKNOLOGI DIGITAL                                                                                                                                                                                                                                          

Dampak yang bisa langsung dilihat dan dirasakan adalah pada saat pengumuman penghitungan hasil rekapitulasi pemilihan calon presiden. Serbuan teknologi digital ini tidak bisa dibendung lagi .berita-berita yang beredar di media sosial semuanya secepat kilat, dalam hitungan detik langsung menyebar ke seluruh penjuru dunia...                                                                       

Entah itu berita fakta, fitnah, hoax....semua mengalir begitu saja. Selain dampak Positive yang ditimbulkan, dampak negative yang ditimbulkan akibat kemajuan teknologi ini juga sudah banyak, mengingat sudah banyak korban  dan akibat dari era ini...                                                                                        

Dimana korban tidak hanya dari senjata saja......tetapi dari Rangkaian Ujaran yang membentuk dan menjadi BAHASA  yang diucapkan dan menghasilkan Kalimat yang tidak baik.                                                                                                                                                                                                    

BAGAIMANA MENGANTISIPASINYA                                                                                                                                                                                                                Selain Pemerintah dalam hal ini Kominfo melalui Undang-undang ITE, juga instansi-instansi saling terkait, pihak kepolisian, tim cyber bareskrim Polri harus bertindak tegas seperti yang sudah dilakukan sekarang ini.                                                                                                                     

Juga peran media cetak dan para wartawan sangatlah diperlukan.
Dibutuhkan para pendidik, ahli bahasa yang berkualitas, mempunyai kapasitas, mempunyai jiwa atau mental Priyayi dalam hal Etika Berbahasa........  Jika perlu sejak usia dini pelajaran Tata Bahasa Indonesia harus diajarkan lebih spesifikasi lagi di sekolah-sekolah.
Dan yang tidak kalah pentingnya adalah Pendidikan Budi Pekertinya, Pendidikan Akhlaknya,  bagaimana mengajarkan dan membentuk akhlak yang tinggi

MEMPOSISIKAN/ MENDUDUKKAN DIRI
Ada beberapa contoh pemimpin yang mempunyai integritas, dan bisa memberikan suri tauladan, tetapi ada pula beberapa contoh dan teladan yang kurang baik dari para pemimpin. Banyak tingkah laku para pemimpin yang tidak patut dicontoh, tidak dapat dijadikan teladan.

Sehingga sudah tidak bisa lagi membedakan siapa yang harus dihormati atau kepada siapa harus menghormati.
Tidak bisa mendudukkan diri, tidak tahu dan tidak menyadari posisinya.                                                                                                                                        

Semua dianggap stratanya sama, entah itu pimpinan entah itu bawahan...entah itu pejabat tinggi, entah itu masyarakat umum....
Jika sudah tidak bisa mendudukkan diri dan tidak tahu posisinya dapat dipastikan, tidak akan dapat memberi teladan yang baik, jangan harap dapat melahirkan generasi yang berbudi luhur, santun, beretika, dan bermoral.

Perjalanan  masih Panjang untuk membangun Indonesia yang sejahtera
Masa depan Indonesia yang akan akan datang berada ditangan generasi yang akan datang.
Jadikan Indonesia menjadi bangsa yang besar, kuat dan bermartabat dengan menjaga tutur kata, tata Bahasa dan etika berbicara yang sudah diajarkan oleh para leluhur kita.

Karena BUDI BAHASA kita     menunjukkan............................... SIAPA DIRI KITA !! (nn519)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x