Mohon tunggu...
Nilawati
Nilawati Mohon Tunggu... Guru - Guru Seni Budaya SMK

saat ini saya sedang menjalankan tugas sebagai guru seni budaya di SMK Negeri 10 Luwu sulsel

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kendalan dan Upaya Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Mengamplikasikan Warna dalam Menggambar Bentuk

10 Desember 2022   13:00 Diperbarui: 10 Desember 2022   13:12 215
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menggambar adalah aktivitas kreatif untuk membentuk imaji/gambar yang menyampaikan gagasan, ide, serta simbol sebagai salah satu bentuk ekspresi menggunakan berbagai teknik guratan dan alat gambar yang beranekaragam.

Dalam pembelajaran seni rupa di sekolah nyatanya belum menampakkan hasil yang diharapkan, utamanya dalam mengaplikasikan warna dalam menggambar bentuk. Ini dapat  kita lihat dari banyaknya siswa yang belum memahami rumus dan teknik mencampurkan warna agar dapat di aplikasikan kedalam gambar bentuk. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengamplikasikan warna dalam gambar bentuk pada  pembelajaran seni rupa.

Dalam pembelajaran seni rupa, kemampuan atau skill sangat perlu untuk di asah sehingga  peserta didik bisa menghasilkan karya seni seperti yang diharapkan. Untuk, itu bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajarajaran seni rupa di sekolah?

Untuk itu, saya merangkum beberapa kendala dan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran seni rupa pengaplikasian warna dalam menggambar bentuk:

  • Kendala yang biasanya terjadi dalam pembelajaran ini antara lain :
  • Cat/pewarna lumayan sulit untuk di dapatkan di daerah sekitar sekolah dan tempat tinggal peserta didik.
  • Terdapat beberapa peserta didik yang merasa tidak memiliki bakat untuk menggambar
  • Beberapa peserta didik kurang percaya diri untuk menggambar di dalam kelas
  • Terdapat peserta didik yang menggambar dengan asal asalan tanpa memperhatikan aturan menggambar bentuk.
  • Beberapa peserta didik tidak mampu menyelesaikan tugas gambar dalam 1x pertemuan.
  • Adapun upaya untuk mengatasinya antara lain:
  • Pada kendala kesulitan mendapatkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik, guru yang bertindak sebagai fasilitator sebaiknya membantu peserta didik misalnya dengan cara memesan kepada teman yang berada di kota atau tempat yang mudah mendapatkan bahan ajar tersebut. Juga dengan cara mengganti bahan ajar cat plakat dengan alternatif lain contohnya cat air yang relatif mudah di dapatkan.
  • Pada masalah peserta didik yang merasa tidak memiliki bakat untuk menggambar, guru sebaiknya memberikan acuan dan motivasi kepada peserta didik tersebut, memberikan pemahaman bahwa dengan berlatih maka tidak ada yang tidak bisa menggambar. juga dengan cara menayangkan video video yang berkaitan dengan menggambar agar peserta didik lebih termotivasi untuk belajar dan berlatih menggambar.
  • Kepada peserta didik yang kurang percaya diri menggambar didalam kelas harus diberikan pendekatan dan motivasi bahwa tidak ada gambar yang jelek. juga dengan cara menayangkan video video yang berkaitan dengan menggambar agar peserta didik lebih termotivasi untuk menggambar.
  • Pada masalah peserta didik yang menggambar dengan asal asalan tanpa memperhatikan aturan dalam menggambar bentuk, hal ini bisa saja dikarena peserta didik tersebut mencari perhatian agar guru. Oleh karena itu, guru harus lebih pandai melakukan pendekatan kepada peserta didik tersebut
  • Pada kendala beberapa peserta didik tidak mampu menyelesaikan gambarnya dalam kurun waktu yang telah ditentukan atau 1x pertemuan, hal ini dikarenakan peserta didik menggambar benda/bentuk yang terkesan sulit untuk digambar. Oleh karena itu guru harus lebih memberi arahan dalam melakukan langkah demi langkah dalam menggambar.

Dampak dari aksi dan langkah-langkah pembelajaran yang telah dilaksanakan merupakan proses pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. Pada pertemuan pertama , peserta didik lebih mudah memahami rumus dan teori warna dengan menampilkan video tutorial mencampurkan warna, sehingga peserta didik tidak mengalami kesuitan saat ditanya dan diberi tugas untuk mengidentifikasi video dan gambar. Pembelajaran ini dinilai efektif untuk mengatasi masalah yang disebutkan diatas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun