Mohon tunggu...
Nila KresnaSyaharani
Nila KresnaSyaharani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga

152110113082

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Sehat

Tetap Gunakan Masker di Luar Ruangan agar Terhindar Sub Varian Baru Covid-19!

24 Juni 2022   19:40 Diperbarui: 24 Juni 2022   20:07 77 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Indonesia Sehat. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pada 17 Mei 2022, Presiden Joko Widodo mengizinkan masyarakat untuk melepas masker saat beraktivitas di ruang terbuka. Hal tersebut dilihat dari kondisi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang semakin terkontrol.

Tidak lama kemudian, pemerintah resmi memberlakukan PPKM level I untuk wilayah Jabodetabek. Semua perusahaan kini menerapkan kebijakan WFO yang sudah dapat dilakukan 100% (kapasitas penuh) bagi karyawan yang telah divaksinasi lengkap.

Sedangkan pada 13 Juni 2022, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi G. Sadikin, mengatakan bahwa virus corona varian BA.4 dan BA.5 baru yang membuat lonjakan kasus covid di Singapura telah mencapai Indonesia dan telah terdeteksi 8 orang yang terjangkit. Kemenkes masih mendalami kasus tersebut, dan perizinan penggunaan masker di luar ruangan menjadi pertimbangan ulang.

Terhitung sejak 15 Juni 2022, total kasus positif Covid-19 di Indonesia tembus 1.000 pasien. Hingga 22 Juni 2022, kasus baru sudah mencapai 1985. Menurut analisis epidemiolog, kasus Covid-19 dengan varian ini akan terjadi secara lebih lambat tetapi memiliki tingkat penularan paling cepat dan paling efektif untuk menghindari antibodi jika dibandingkan dengan varian lainnya.

Meskipun kenaikan kasus diprediksi terjadi dengan perbedaan yang kecil sekali, pemerintah harus tetap menghimbau agar masyarakat segera melakukan vaksinasi sesuai dengan anjuran dan memperketat penerapan protokol kesehatan, dimana masalah perizinan melepas masker di luar ruangan harus ditinjau kembali agar mengurangi kenaikan kasus Covid-19 saat ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Sehat Selengkapnya
Lihat Indonesia Sehat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan