Mohon tunggu...
Nila Marwa
Nila Marwa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi/Pelajar

Hobi menulis, membaca, dan mempelajari hal-hal baru. Optimis, semangat, dan peduli.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Cara Menerbitkan Buku

2 Agustus 2022   17:51 Diperbarui: 2 Agustus 2022   17:54 62 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Dengan menerbitkan buku, penulis juga bisa mendapatkan keuntungan dengan memperjualbelikan bukunya. Dengan itu, dapat menambah penghasilannya.

Dengan menerbitkan buku, penulis juga bisa mendapatkan keuntungan dengan memperjualbelikan bukunya. Dengan itu, dapat menambah penghasilannya. 

Inilah cara agar buku anda dapat terbit

1. Mengirim Naskah ke Penerbit Mayor

Satu cara pertama agar buku anda dapat terbit adalah dengan mengirim ke penerbit mayor. Penerbit mayor seperti Gramedia, salah satunya. 

Jika Anda tulisan Anda lolos seleksi, makan tulisan anda dapat diterbitkan dan Anda akan mendapatkan komisi dari sana. Hal ini merupakan hal yang sangat diinginkan setiap penulis.

Namun, apa yang harus anda lakukan jika tulisan Anda tidak lolos seleksi? Anda bisa melakukan langkah kedua ini.

2. Terbitkan sendiri

Anda bisa menerbitkan buku sendiri melalui penerbit minor atau indie. Walaupun berbayar, namun Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk penerbitan buku Anda. 

Jika menurut Anda tulisan Anda sangat perlu dibaca khalayak dan harus segera terbit, maka anda bisa menempuh cara ini. Anda juga bisa memperjualbelikan buku Anda, agar modal penerbitan pun akan kembali ke kantong. Tak hanya itu, anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari situ. 

Langkah manapun yang Anda pilih, itu tergantung kepada Anda. Teruslah menulis dan berbagi kebermanfaatan. Terkadang, buku anda bukannya tidak layak diterbitkan. Namun, penerbitnya saja yang belum jodoh dengan buku Anda. Tetap semangat dan tingkatkan kualitas karya Anda

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan