Mohon tunggu...
Nila Marwa
Nila Marwa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi/Pelajar

Hobi menulis, membaca, dan mempelajari hal-hal baru. Optimis, semangat, dan peduli.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Manfaat Menjadi Penulis

30 Juli 2022   15:20 Diperbarui: 30 Juli 2022   15:28 49 7 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Profesi penulis, sejak lama sudah banyak digandrungi oleh pemuda Indonesia. Karena selain dapat menjadi wadah menuangkan ide dan kreatifitas, menulis juga menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Namun terlepas dari bisnis yang menguntungkan itu, menulis berarti bahwa seseorang sudah mencoba untuk berbagi gagasannya kepada orang lain.

Setiap orang memiliki bakat dan minatnya masing-masing. Ada yang berbakat dalam bidang editing video, fotografi, dan termasuk juga menulis. Namun, ternyata menulis memiliki keunggulan lebih dari biang yang lainnya. Apa sajakah itu?

Simak yuk, ulasan berikut ini 

1. Semua orang bisa dan butuh menjadi penulis

Apapun bidang, minat, dan bakat yang Anda tekuni dan sukai, tetap ada kemungkinan anda akan bisa menjadi penulis. Dengan menulis, anda bisa berbagi berbagai macam informasi kepada masyarakat. 

Jika Anda seorang guru, maka anda dapat menulis informasi atau pengetahuan yang berkaitan dengan pendidikan dan keguruan. Jika anda seorang ekonom, Anda dapat berbagi pengetahuan tentang ekonomi, dunia finansial, dan lain sebagainya. Itu artinya bahwa semua orang bisa, dan butuh untuk menjadi penulis.

Dengan menulis, anda dapat lebih memperluas lagi kebermanfaatan yang bisa Anda bagikan kepada orang lain. 

2. Menulis mengabaikan nama dan kebaikan

Setiap orang, bagaimanapun pengaruh nya saat ia masih hidup di dunia, tetap saja akan lekang oleh waktu setelah ia tiada. Ia hanya akan dikenang jika ia memiliki jasa atau sesuatu berharga yang ia tinggalkan untuk generasi selanjutnya.

Maka dari itu, jika Anda ingin meninggalkan sesuatu warisan berharga untuk generasi selanjutnya, maka menulis dapat mewujudkan hal itu. Jika seseorang sudah tiada, namun ia meninggalkan karya yang bermanfaat, maka ia akan terus dikenang, didoakan, bahkan gagasannya akan terus dibaca orang selanjutnya.

3. Menulis membuat kita produktif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan