Mohon tunggu...
Nila Marwa
Nila Marwa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi/Pelajar

Hobi menulis, membaca, dan mempelajari hal-hal baru. Optimis, semangat, dan peduli.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

4 Tips Manajemen Waktu agar Hati Lebih Produktif

19 Juli 2022   05:25 Diperbarui: 19 Juli 2022   05:32 139 4 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Kemampuan mengatur waktu dengan baik, diantara banyaknya agenda dan kesibukan, sangatlah penting untuk dimiliki. Terlebih lagi, jika kamu mungkin belum mampu mengatur waktu antara satu kegiatan dengan kegiatan lainnya.

Bagi mahasiswa, tentu mengatur mengatur waktu yg baik akan sangat membantu. Misalnya dalam menyeimbangkan antara kuliah dan juga organisasi, kuliah dan prestasi, atau mungkin antara kuliah dan bekerja.

Banyak dari orang sukses mengatakan bahwa kesuksesan mereka diraih dari kedisiplinan mereka terhadap waktu. Nah, kamu juga bisa mencobanya ya.

Tips ini, penulis rangkum dari berbagai materi seminar, training, dan workshop dari berbagai narasumber yang telah berpengalaman. Agar kebermanfaatannya bisa meluas, kamu bisa menerapkan dan membagikannya kepada rekan-rekanmu yang lain.

Yuk simak tips berikut ini:

1. Membuat skala prioritas

Kenapa harus membuat skala prioritas? Karena tidak semua kegiatan yang kita lakukan itu memiliki manfaat yang sama. Setiap agenda juga memiliki waktu efektif masing-masing.

Nah skala prioritas ini dibagi menjadi empat bagian. Agar lebih mudah, kamu bisa membuatnya dalam bentuk kolom ya.

Yuk langsung saja kita bahas

a. "Penting Mendesak"

Di bagian ini, berisis kegiatan apa saja yang penting dan mendesak. Penting artinya, peranmu melakukan urusan itu tidak bisa digantikan oleh orang lain. Mendesak artinya, batas waktunya sudah mepet, atau tidak banyak waktu lagi.  Salah satu contoh agenda yang penting mendesak adalah berkaitan dengan kesehatan, ataupun pendidikan. Misalnya pergi berobat segera, dan atau mengerjakan tugas sekolah yang bersifat individu dan waktu pengumpulannya pun sudah dekat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan