Mohon tunggu...
Nila Marwa
Nila Marwa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi/Pelajar

Hobi menulis, membaca, dan mempelajari hal-hal baru. Optimis, semangat, dan peduli.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Hal-hal yang Harus Diupayakan Ketika Merantau

13 Juli 2022   07:24 Diperbarui: 13 Juli 2022   10:22 196 4 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Apakah Anda kini sedang merantau? Belajar atau bekerja di luar kota, atau diluar daerah? Jika iya, izinkan saya berbagi pengalaman.

Setiap orang memiliki pendapat dan pengalaman yang berbeda. Hal yang akan saya ulas juga berdasarkan pengalaman dan pendapat pribadi. Rekan-rekan yang lain, juga tentu memiliki pengalaman dan pendapat yang berbeda ya. Jadi mari saling menghargai.

Sebagai seseorang yang merantau, tentu banyak sekali suka suka yang telah atau akan dilalui. Memutuskan untuk merantau pun memberikan banyak konsekuensi.

Jauh dari orang tua, harus beradaptasi dengan tempat dan lingkungan baru, harus mampu menjaga diri, dan lain sebagainya. 

Tahukah Anda, bahwa ada beberapa hal yang harus diingat, dijaga, dan diupayakan ketika kita tengah merantau. Menjalani hidup jauh dari orang tua, baik itu menempuh pendidikan ataupun menjalani suatu pekerjaan.  

1. Fokus pada Tujuan 

Maksudnya disini, ingatlah terus untuk apa Anda merantau? Jika dalam rangka melanjutkan pendidikan, maka lebih fokuslah dalam belajar, dan meningkatkan  kualitas pengetahuan Anda.

 Taati hal-hal yang berkaitan dengan peraturan lembaga pendidikan tempat Anda belajar. Jangan sampai bolos, tidak rajin belajar, tidak mengerjakan tugas, dan lain sebagainya.

Jika Anda merantau untuk bekerja, maka bekerjalah dengan giat. Tetap semangat, dan jangan mudah menyerah. Tetaplah fokus apa tujuan Anda merantau karena suatu saat akan ada saja hal-hal yang mencoba membuat Anda berbelok arah dan tujuan.

2. Aturlah Keuangan Anda

"Hematlah" mungkin ini  salah satu kata yang tepat bagi kita, para perantau. Mengingat, kita jauh dari orang tua, tidak mendapat fasilitas dan kemudahan ketika sedang bersama orang tua, dan lain sebagainya. Maka dari itu, aturlah keuangan Anda sejak awal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan