Mohon tunggu...
Nila Marwa
Nila Marwa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi/Pelajar

Hobi menulis, membaca, dan mempelajari hal-hal baru. Optimis, semangat, dan peduli.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

4 Cara yang Saya Tempuh untuk Menerbitkan Buku

11 Juli 2022   13:11 Diperbarui: 11 Juli 2022   13:13 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Halo semuanya, di kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya menulis buku. Saya, memang baru pemula dalam menulis. Namun, semoga apa yang saya bagikan ini bermanfaat dan bisa diterapkan banyak orang. 

Saya mulai aktif mengasah kemampuan menulis saya sejak tahun 2020. Saya sangat ingin untuk bisa menerbitkan tulisan saya. Sejak itulah saya mulai aktif mencari cara, dan Alhamdulillah, walau masih berupa antologi, sekarang saya sudah menulis enam buku antologi bersama rekan-rekan sesama penulis.

Menurut saya, langkah-langkah ini perlu diketahui oleh penulis pemula agar nantinya dalam berkarya lebih bersemangat dan juga mengalami beberapa akselerasi dalam berkarya.

Silahkan disimak dulu ya langkah-langkah dibawah ini:

1. Menentukan tujuan menulis

 

Tips yang pertama ini kita lakukan sebelum kita mulai menulis yaitu kita harus menentukan tujuan. Tujuan kita harus jelas. Apakah ingin menebarkan kebermanfaatan atau hanya sekedar ingin terkenal? Niatkanlah menulis untuk berbagi kebaikan kepada orang lain melalui tulisan kita. Menurut saya, ini perlu dilakukan agar kita menentukan tujuan yang jelas sekaligus kita membangun semangat yang kokoh. Semangat itu nanti akan menguatkan kita apapun halangan dan rintangan yang kita alami di tengah jalan.

2. Temukan genre tulisanmu

 

Tips yang kedua, kita harus menentukan jenis tulisan apa sih yang akan kita pilih? Apakah fiksi atau nonfiksi? Lebih jauh lagi, apakah pengembangan diri atau genre yang lain?

Nah kita bisa pilih mana yang sesuai dengan minat, bakat atau passion kita. Jika kita memilih misalnya hanya berdasarkan trend tulisan yang sedang booming, jika itu tidak sesuai dengan passion atau minat kita nanti kita akan mengalami kesulitan dalam menulisnya. Memang tidak sepenuhnya salah jika kita menulis sesuai dengan trend. Namun, dengan mengawali kemampuan menulis kita sesuai dengan minat dan bakat, itu nanti setidaknya melatih kemampuan menulis kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun