Mohon tunggu...
Niko Simamora
Niko Simamora Mohon Tunggu... Pengajar - Menulis

@nikomamora~\r\nnikosimamora.wordpress.com~\r\nniko_smora@live.com\r\n

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Paket Komplit Berwisata ke Danau Toba

12 November 2021   22:56 Diperbarui: 13 November 2021   13:03 3216 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sekilas Balige, kota kecil yang menjadi perlintasan utama menuju pesona komplit wisata Danau Toba (dokpri)

Danau Toba sebagai danau vulkanik terbesar di dunia menyimpan pesona yang lengkap. Danau yang terbentuk dari mahaerupsi gunung api Toba sekitar 74-ribuan tahun yang lalu, terdahsyat dalam kurun waktu dua juta terakhir, menjadi danau terindah dipandang dari segala sisinya.

Meski dahsyatnya letusan mencapai suhu 550 derajat celcius dan sebaran awan panas hingga radius dua ratus ribu kilo meter. Namun, aktivitas alam tersebut telah menjadi bukti bahwa selalu ada cerita lain dibalik garangnya sebuah letusan mahadahsyat supervolcano Toba.

Cerita tersebut masih bisa digali dan dikemas menjadi modal bagi masyarakat lokal untuk bercerita tentang Danau Toba. Para pelancong yang datang berkunjung pasti dibuat terkesima dengan cerita tersebut.

Bahkan, tak perlu jauh-jauh, masyarakat sekitar pun masih belum semua mendengarkan kisah tentang terbentuknya Danau Toba secara geologi. Berbeda dengan cerita legenda Danau Toba yang turun temurun diceritakan hingga di bangku-bangku sekolah seluruh Indonesia.

Menurut saya, cerita tersebut menjadi paket pertama yang bisa dijadikan salah satu aktivitas berwisata di Danau Toba. Tentu, untuk bisa menjadikan cerita tersebut sangat menarik dan bisa diserap oleh pendatang, dibutuhkan kemampuan dari para pemandu wisata untuk melakukan storytelling.

Talenta-talenta lokal bisa dilatih baik secara formal maupun informal oleh pemerintah lokal, swasta, lembaga pendidikan, maupun komunitas-komunitas masyarakat. Jangan lupa, di setiap akhir dari sebuah cerita selalu ada kesimpulan yang bisa dibawa (takeaway) oleh para pengunjung, baik domestik maupun mancanegara.

Setelah mendengar sebuah cerita yang menarik, kegiatan yang bisa dilakukan berikutnya adalah menikmati keindahan alam Danau Toba itu sendiri. Cara menikmati keindahan alam Danau Toba dapat dilakukan dalam berbagai cara disesuaikan dengan lokasi yang sedang dikunjungi.

Bila sedang berada di perbukitan: duduk santai sambil memandang ke danau ditemani kopi atau teh produksi lokal dan penganan ringan khas (lampet/ombus-ombus/pohul-pohul), menjadi salah satu contoh yang menarik untuk dialami.

Bila berada dekat dengan danau, kegiatan yang dilakukan bisa berupa tracking atau jalan santai menyusuri garis pantai sambil mengambil gambar alias berfoto-foto selfie maupun wefie.

Bila diperbolehkan, berenang bisa menjadi aktivitas yang dilakukan baik sendiri maupun beramai-ramai. Tentu dengan tetap memperhatikan kesehatan dan keselamatan para pengunjung. Ini menjadi salah satu paket yang bisa dinikmati para pengunjung di Danau Toba.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan