Mohon tunggu...
Niko Rezalfino
Niko Rezalfino Mohon Tunggu... Hai..

Studying at Universitas Katolik Soegijapranata, Faculty of Law and Communication, majoring in communication with journalism specialization, and now in semester 5. skilled in the fields of public relation, editting, camera operations, writing, and copywriting. Have a high fighting spirit, high sense of curiosity and are willing to learn more.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Tips Mencegah Autolike pada Facebook

15 Januari 2020   18:12 Diperbarui: 15 Januari 2020   18:07 8 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Mencegah Autolike pada Facebook
Sumber Foto : 123rf.com

Facebook merupakan aplikasi yang sangat terkenal, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa memiki akun ini, selain di buat untuk sosial media, facebook juga di manfaatkan untuk menjadi patokan data untuk masuk / login ke suatu akun dari suatu situs atau aplikasi. karena facebook menympan semua data yang terlah kita masukan, dimana data ini du gunakan untuk verivikasi data kita. banyak sekali kegunaan yang facebook tawarkan kepada penggunanya, seperti bisa untuk buka lapak, jual beli dan masih banyak lagi yang dapat kita lakukan.

tapi di balik semua itu, facebook masih belum bisa 100% menjadi tempat penyimpam informasi yang akurat, dan belum 100% aman. di karenakna masih banyak kasus-kasus seperti bisanya facebook di bobol hacker, lalu masih bisanya malware berkuasa, dan hal hal lain yang merugikan kita. keuntungan penjahat facebook dalam mengontrol akun-akun orang salah satunya adanya autolike.

Baru baru ini masyarakat media sosial pengguna facebook di penuhi keluh kesah di karenakan akun facebook mereka di tiba-tiba bisa bisa menglike sendiri postingan yang ada pada fanpage Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dimana para pemilik facebook tidak merasa pernah memberikan like pada fanpage tersebut.

Alfons Tanujaya, sebagai Pengamat Kemanan Siber dari Vaksin.com memberikan bebearpa tips untuk mencegah adanya autolike pada akun facebook.

  • Periksa Log Aktivitvitas

Hal pertama yang harus di cek ketika kita tiba-tiba mengetahui bahwa facebook kita di kontrol, adalah memeriksa Activity Log. dengan log aktivitas ini kita bisa tahu aktivitas-aktivitas yang sudah kita atau orang yang mengontrol lakukan, mulai dari tanggal, hari, waktu dan jenis aktivitas apa yang dilakukan.

Log aktivitas bisa di akses melalui profil pengguna, tombol log aktivitas tersebut berada pada foto sampul di sebelah tombol edit profil. Dalam log aktivitas itu, pengguna bisa langsung mencari segala aktivitas yang telah di lakukan di facebook.

Kita bisa mengetahui unggahan, tagging foto, like, share, comment, dan masih banyak lagi.

Disarankan ketika membuka log aktivitas dengan mengscrool ke bawah, untuk melihat secara detail, atau dengan menggunakan Ctrl + F untuk melihat akitivitas yang kita inginkan.

  • Cek aplikasi dan situs yang terkoneksi pada Facebook

Terdapat aplikasi autolike yang menyamar sebagai aplikasi dari perusahaan besar. Makadari itu hati-hati dalam memasang aplikasi dan mengkoneksikan nya pada facebook, cek semua aplikasi yang ada di facebook apps, jika ada aplikasi yang mencurigakan segera saja di hapus.

Anda bisa mengecek seluruh aplikasi yang terkoneksi di facebook dengan cara membuka di pengaturan, lalu pilih 'aplikasi dan situs web' . dari situ kita bisa melihat seluruh situs dan aplikasi yang terkoneksi dengan facebook, maupun yang sudah kedaluwarsa.

  • Instal anti virus

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN