Mohon tunggu...
Nikolaus Nova
Nikolaus Nova Mohon Tunggu... Mahasiswa - pesantren(penggangguran santai tapi keren)

pesantren(penggangguran santai tapi keren)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Komunikasi Interpersonal

29 November 2021   22:32 Diperbarui: 29 November 2021   22:34 67 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi dilakukan secara tatap muka,yang  memungkinkan  setiap  individu  mampu  memaknai  reaksi  orang  lain  secara langsung. Adanya perubahan yang dinamis, menyebabkan siswa sebagai remaja rentan untuk menghadapi permasalahan yang cukup kompleks. Dalam berkomunikasi dengan teman sebayanya, biasanya  menggunakan bahasa yang sama sehingga informasi akan lebih mudah dipahami.

Komunikasi yang baik  akan membuat siswa merasa nyaman dan terbuka dalam mengungkapkan masalahnya kepada teman sebayanya, sehingga proses pemberian dan penerimaan pesan yang disampaikan tidak akan menimbulkan kesalahpahaman dalam proses komunikasi tersebut dan pesan yang disampaikan akan dapat dipahami secara tepat.

Komunikasi Intrapersonal sendiri merupakan suatu proses cara berkomunikasi yang terjadi dalam diri seseorang, Komunikasi ini membahas proses pemahaman ingatan yang ditangkap oleh panca indera. Komunikasi ini merupakan komunikasi yang terjadi pada diri sendiri yang sering dilakukan dari yang sengaja maupun yang tidak sengaja.

Komunikasi ini sering kali mempelajari peranan kognisi dalam setiap prilaku manusia yang dilakukan dengan secara berulang ulang dari pada komunikasi lainya. Dimana komunikasi intrapersonal memiliki keunikan yang dimana kita bisa hanya dengan melamun atau membayangkan sesuatu dan memecahkan masalah dalam diri kita.

Komunikasi  interpersonal  dapat  berlangsung  dengan  baik  ataupun  tidak,dipengaruhi  oleh  beberapa  faktor-faktor.  Faktor-faktor  tersebut    yaitu 

(1) percaya (trust) merupakan hal paling penting untuk  membuka  percakapan  dalam  komunikasi, memperjelas  dan    penerimaan  informasi, serta memperluas peluang  komunikan untuk  mencapai maksud komunikasi. Hal-hal yang dapat menumbuhkan sikap percaya yaitu  menerima, empati, dan jujur. 

(2) Sikap supportif.  Komunikasi dapat berjalan dengan baik  jika ada sikap supportif  atau dukungan  dari kedua belah   pihak   yang  merupakan pemberian dorongan dalam suasana hubungan  komunikasi  sehingga  komunikasi   interpersonal    dapat    terus berkelanjutan.  

(3)  Sikap  terbuka  yaitu  kemauan  untuk membuka  diri,  mengatakan tentang  keadaan   dirinya yang  sebenarnya yang berkaitan dengan komunikasi yang dilakukan. Karakteristik  sikap    terbuka  yaitu  menilai  pesan    menilai  pesan  secara objektif,   mampu membedakan sesuatu hal baik dan buruk dengan mudah, berorientasi pada isi pembicaraan, mencari informasi dari berbagai sumber, lebih bersifat provisional dan bersedia mengubah kepercayaannya.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan