Mohon tunggu...
Nikolas ArdyKusuma
Nikolas ArdyKusuma Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

olahraga/transportasi/kesehatan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

6 Desember 2022   21:37 Diperbarui: 6 Desember 2022   22:16 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hai salam kenal semua, jadi dalam tulisan ini aku mau berbagi cerita tentang pengalaman ikut geladi hominisasi gelombang ke 10 tahun 2022. Pada hari minggu 4 Desenber 2022 ceritanya aku mengikuti geladi hominisasi. Geladi itu apa sih,  jadi geladi itu berguna untuk menambah pengetahuan kita tentang pentingnya kemampuan untuk menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara. 

Dalam kehidupan sehari-hari kita sangat memerlukan kemampuan logika dan bahasa yang baik untuk berkomunikasi. Pada kegiatan ini kami dilatih untuk mengembangkan logika pemahaman kita serta cara kita menggunakan bahasa sebagai alat berkomunikasi yang  baik. Selain itu kami dilatih juga untuk berpikir kritis, serta berdinamika dengan teman sekelompok yang telah ditentukan oleh panitia dan tidak lupa kami dilatih time managment agar bisa menyelasaikan tugas yang diberikan secara cepat.
Ada rangkain apa aja sih acara geladi tahun ini?

Setelah mendaftar melalui link google form yang telah diberikan. Kami diberikan syarat untuk mengikuti tugas pra gladi yaitu dengan mengerjakan tugas yang telah diberikan. Setelah tugas diserahkan kepada panitia, barulah kami diberikan  link zoom untuk mengikuti geladi hominisasi. Acara dimulai dengan pembacaan doa, dilanjut dengan pengenala-pengenalan yang diberikan oleh pembawa acara. 

Setelah itu kami barulah diarahkan untuk menuju breakout yang terdapat dalam zoom. Di ruang breakout kami barulah berdinamika bersama kelompok untuk menbahas materi yang telah diberikan sebelumnya. Saya mendapat tema kepahlawan dalam tugas kelompok diruang breakout, kami membahas tentang pahlawan masa kini. Dijaman sekarang ini semua orang bisa menjadi pahlawan dalam porsinya masing-masing. Setelah itu barulah kami memaparkan hasil pemikiran kami dalam perlombaan yang telah dibuat oleh panitia geladi. Setelah  itu acara ditutup dengan pembacaan doa.

Intisari dari kegiatan geladi ini
Kami bisa memahami pentingnya kemampuan logika dan bahasa dalam menjadi bagian sebagai warga negara. Maka dari itu kami dilatih untuk berpikir kritis dalam memecahkan persoalan yang telah diberikan. Dan kami juga diajarkan untuk membuat skala prioritas.

Kesimpulan
Intinya dari acara ini adalah team work, Kemampuan berfikir kritis,pengguanaan Bahasa yang baik juga dapat kita kembangkan sendir dan kita implementasikan dalam kegiatan perkuliahan baik daring ataupun luring. Sebagai penutup kegiatan merupakan tahap awal dari tiga tahapan geladi yang ada yaitu hominisasi, humanisasi, dan divinisasi. Sekian dari saya dan selamat berjuang

#unpar #geladihominisasi #universitaskatolikparahyangan #ppilph #lifeatunpar

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun