Mohon tunggu...
Nikolas Giovanni Gunawan
Nikolas Giovanni Gunawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

ikut SIAP

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Refleksi Geladi Hominisasi

28 November 2022   22:37 Diperbarui: 28 November 2022   22:47 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Credit: KalderaNews.com

Saya merasa sangat senang dan beruntung karena berkesempatan untuk mengikuti kegiatan geladi hominisasi yang diadakan oleh LPH Unpar. Awalnya saya hanya melihat ini seperti acara seminar tetapi setelah mengikuti rangkaian acara geladi hominisasi, ternyata saya salah besar.

Pertama kami diberikan tugas pra geladi, berupa kegiatan menonton video tentang Lagu Kebangsaan "Indonesia Raya" tiga stanza, lalu kita disuruh untuk memilih bagian yang menarik bagi kita dari lirik lagu itu. Selain itu saya juga menonton video berjudul 'Tenggelamnya Surga di Utara Jakarta', yang mengajak kita untuk meningkatkan kepeduliaan kita terhadap kelestarian lingkungan sekitar kita dan bagaimana kita harus menanggapinya.

Setelah selesai melaksanakan tuga pra geladi, kita akan berlanjut untuk mengikuti kegiatan geladi hominisasi. Sangat disayangkan acara ini harus dilakukan secara online melewati zoom meeting. 

Saat acara dimulai kita diberi sedikit penjelasan dan latar belakang tentang pengadaan acara geladi hominisasi ini. Lalu dilanjutkan dengan sesi diskusi kelompok pertama untuk melakukan perkenalan antara satu sama lain. Dari acara ini selain mendapatkan pengalaman yang sangat berkesan, saya juga mendapatkan beberapa teman baru. Setelah selesai perkenalan antar satu kelompok, lalu kita kembali ke ruang utama dan dijelaskan tentang metode analisis masalah. 

Setelah mendapatkan materi, kita langsung dapat mempraktekannya dalam kegiatan kelompok yaitu mendiskusikan suatu masalah di dunia ini. Kebetulan saya mendapatkan tema yang asing bagi saya, yaitu tentang Hari Toleransi Internasional. 

Dari sesi diskusi ini, saya mendapatkan banyak pelajaran seperti cara berkomunikasi yang baik dengan orang lain, menghargai pendapat orang lain, bekerja sama dengan orang yang baru kita kenal, dan juga bekerja sama dengan pembimbing kita. 

Setelah selesai mendiskusikan topik itu dengan kelompok, kita diharuskan untuk mempresentasikan hasil diskusi yang sudah dilakukan kepada kelompok lain. Kami mendapatkan banyak kritikan setelah selesai melakukan presentasi, tetapi saya sangat senang karena itu ditujukan agar kami berkembang dan juga saya sangat menikmati proses ini bersama dengan teman sekelompok saya. Lalu, acara pun ditutup dengan sesi foto bersama dan juga doa penutup.

Menurut saya, kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara merupakan kemampuan wajib yang harus diterapkan dan dimiliki oleh semua orang. Pencampuran penggunaan logika dan bahasa dapat membantu kita menyelesaikan berbagai macam masalah yang kita temui dalam kehidupan ini, baik itu dengan berkomunikasi dengan orang lain ataupun melalui tindakan yang melambangkan diri kita sebagai warga negara yang baik.

Manfaat yang saya dapatkan setelah mengikuti kegiatan geladi hominisasi ini adalah kemampuan untuk berkomunikasi dan menyampaikan pendapat pada orang lain, menganalisa suatu masalah dengan metode SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat), dan juga kemampuan untuk dapat bekerja sama secara harmonis dengan orang lain. Semua manfaat yang sudah saya dapatkan dari acara geladi ini tentunya akan sangat berguna dalam kehidupan perkuliahan saya dan juga kedepannya. 

Kemampuan untuk berkomunikasi, menganalisa masalah, dan bekerja sama merupakan kunci dari berbagai kegiatan dalam kehidupan. Ketiga kemampuan itu tidak hanya untuk dipelajari tetapi untuk diterapkan dan diasah dalam kehidupan sehari-hari. 

Untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan berbahasa saya sebagai warga negara saya akan menerapkan seluruh ilmu yang saya pelajari di kuliah dalam kehidupan sehari-hari saya, mau membuka diri terhadap lingkungan dan tantangan baru, serta mau memulai komunikasi antara satu sama lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun