Mohon tunggu...
Nikmatul Fitriyah
Nikmatul Fitriyah Mohon Tunggu... Mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peran Organisasi Karang Taruna dalam Pembangunan Desa

11 Juni 2021   23:58 Diperbarui: 12 Juni 2021   00:22 44 2 0 Mohon Tunggu...

Menurut Stoner, Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan orang-orang di bawah pengarahan manajer (pimpinan) untuk mengejar tujuan bersama. Sedangkan definisi Karang Taruna menurut Peraturan Menteri Sosial RI tahun 2010 Pasal 1 ayat 1 Karang Taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota karang taruna yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda yang bergerak di bidang keolahragaan. Gerakan semua upaya program dan kegiatan yang diselenggarakan karang taruna ditujukan guna mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat terutama generasi mudanya.

Karang Taruna sebagai organisasi kepemudaan yang terdapat di desa memiliki peran penting dalam mewujudkan desa yang lebih maju. Adanya organisasi Karang Taruna yang rata-rata merupakan generasi muda yang memiliki pemikiran lebih maju, dengan demikian Karang Taruna mampu menjadikan desanya sebagai desa yang mampu bersaing dengan desa lainnya.

Menurut Sondang H. Siagian (2005) “Pembangunan Masyarakat Desa adalah sebagai suatu usaha atau rangkaian usaha”. Dalam hal pembangunan desa Karang Taruna berperan penting dalam pemberdayaan masyarakat terutama, generasi muda dilingkunggannya secara komprehensif, terpadu dan terarah serta berkesinambungan. Selain itu, Karang Taruna juga melakukan kegiatan kewirausahaan yang mampu meningkatkan perekonomian suatu wilayah atau desa sehingga terciptanya pembangunan desa yang lebih baik lagi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x