Mohon tunggu...
Ni'matul izza
Ni'matul izza Mohon Tunggu... -

Mahasiswa UIN Malang PGRA 2015

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Makna Operasi Semut AUD

9 Februari 2017   21:16 Diperbarui: 9 Februari 2017   21:53 967 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pengertian dari operasi semut adalah mengajarkan anak dalam menjaga kebersihan, atau kegiatan pembiasaan dalam menjaga lingkungan operasi semut ini mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan, keindahan dan kenyamanan alam sekitar. 

Kegiatan pembiasaan operasi semut ini dapat dilaksanakan satu minggu sekali , satu Bulan sekali atau sesuai minat pendidik dalam pengajarannya.  Pada kegiatan pembiasaan operasi anak usia Dini pendidik paud memberikan perintah,  sebagai berikut:

a) membuang sampah harus tepat di pembuangan sampah hal ini mengajarkan anak kedisplinanan agar anak senantiasa menjaga kebersihan

b) maju kedepan atau berkeliling di sekitar sekolahan dan memungut sampah yang di temuinya , mungkin akan ada hal baru yang akan di rasakan anak didik bagaimana lelahnya memungut sampah hal ini mengajarkan bahwa anak mengerti "jadi membuang sampah tidak boleh sembarangan"

c)saling tegur menegur saat ada teman membuang sampah sembarangan,  mungkin hal ini juga membutuhkan perhatian khusus dalam hal ini guru berperan aktif dalam hal menasehati, memberi tahu yang benar dan sebaliknya. 

Terimakasih:😊

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan