Mohon tunggu...
Nikken Prasetyo
Nikken Prasetyo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Aktif

Artikel Nikken Prasetyo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Peran Pemuda di Suatu Desa

18 September 2021   16:47 Diperbarui: 18 September 2021   17:43 48 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pentingnya Peran Pemuda di Suatu Desa
melex.id

Pemuda mempunyai peran penting di Negeri ini salah satunya adalah peran penting di suatu desa. Pada zaman sekarang ini teknologi sudah semakin berkembang dan pemuda menjadi peranan penting untuk memajukan suatu desa. Pemuda saat ini memiliki kreativitas yang tinggi dan banyak dari mereka yang berpendidikan tinggi dibanding para leluhur desa, Oleh karena itu pemuda desa dituntut untuk ikut serta memajukan desa masing masing karena jika tidak pemuda siapa lagi yang akan memajukan desa. Banyak cara yang dilakukan pemuda untuk memajukan desa masing masing antara lain dengan cara :

1. Mengikuti Karang Taruna
2. Ikut Serta Kerja Bakti yang dilakukan Warga
3. Aktif DiLingkungan Masyarakat
4. Ikut Serta Mengemukakan Pendapat Untuk Memajukan Desa

Selain itu, pasti di suatu desa memiliki lahan kosong, dan lahan tersebut bisa di manfaatkan untuk dibuat Wisata kuliner, dan disitulah pemuda berperan penting dalam pembangunan Wisata tersebut. Dan jika sudah jadi wisata kuliner pemuda bisa peran aktif seperti menjaga parkir dan pemasukan dari uang parkir tersebut bisa dimasukkan ke dalam kas desa. Pemuda di desa bisa mengembangkan Wisata tersebut  dengan cara mengenalkan budaya yang ada di desa itu dan mengenalkan Makanan Khas desa tersebut, sehingga Wisata kuliner di desa bisa menarik perhatian orang dari luar desa itu.

Pada zaman sekarang banyak sekali media yang bisa menyebar luaskan info sehingga bisa banyak di kenal orang dari macam macam daerah salah satunya  media sosial tersebut adalah Instagram, Facebook, TikTok, ataupun Youtobe. Dengan media tersebut para pemuda bisa memasarkan Wisata yang ada di desa nya dengan Ciri Khas dari desa itu sehingga akan banyak orang yang mengetahui dan akan banyak di jangkau oleh orang orang.

Pemerintah desa juga dapat menjadikan sosial media untuk menampung seluruh ide pemuda desa, setelah semua ide ditampung pemerintah dapat mengajak diskusi seluruh pemuda desa dengan menggabungkan ide-ide yang sudah ditampung, seharusnya ini dapat dicoba pada seluruh desa lainnya untuk menjadi awal ikut andilnya pemuda untuk memajukan desa.

Dosen pengampu : Dr. Ira Alia Maerani, S.H.,M.H.

Nikken Prasetyo (Mahasiswa Sastra Inggris, FBIK, Unissula)

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan