Mohon tunggu...
Nikhayatul Khusna
Nikhayatul Khusna Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Sering Terjadi, Ini 7 Kesalahan Pakai Masker yang Nyaris Membuatnya Tak Berguna

19 Juni 2021   15:53 Diperbarui: 19 Juni 2021   16:11 272 14 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sering Terjadi, Ini 7 Kesalahan Pakai Masker yang Nyaris Membuatnya Tak Berguna
Sumber: tirto.id

Di masa new normal pandemi Covid-19 ini, penerapan protokol kesehatan masih harus dilakukan. Salah satunya adalah dengan memakai masker. Memakai masker saat keluar rumah dan bepergian merupakan langkah mudah untuk mencegah penularan virus Covid-19. 

Masker sendiri mempunyai fungsi utama untuk menghalangi cairan (droplet) atau partikel udara keluar dari penangkalnya saat bicara, batuk, atau bersin. Masker juga membantu menghalangi droplet orang lain menempel dan masuk ke tubuh kita. Di masa pandemi ini, penggunaan masker sangat dianjurkan karena untuk menghalau virus masuk melalui hidung dan mulut.

Agar masker yang kita pakai dapat berfungi dengan baik, kita harus menggunakan masker secara tepat dan sesuai anjuran. Penggunaan masker yang asal dan tidak sesuai anjuran dapat mengakibatkan virus masuk ke dalam tubuh kita sehingga kita dapat tertular virus Covid-19.

Meskipun sudah aturan bagaimana memakai masker yang benar, tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini masih banyak orang yang melakukan kesalahan dalam memakai masker. 

Nah, berikut ini ada 7 kesalahan yang sering terjadi dalam pemakaian masker.

1. Tidak menutup hidung dan mulut

Tidak menutup hidung dan mulut merupakan kesalahan yang paling umum dilakukan saat Memakai masker. Sering kita jumpai orang-orang memakai masker tapi memakainya di bawah dagu, atau di bawah hidung sehingga hanya menutup bagian mulut saja. Kesalahan ini biasanya dipicu karena ketidaknyamanan dalam memakai masker, misalnya sulit bernapas atau tidak nyaman saat berbicara.

Menurut studi beberapa ahli, memakai masker tapi tidak menutupi hidung dapat memberi ruang untuk masuknya virus corona ke dalam tubuh. Virus corona ini akan masuk dan menginfeksi rongga hidung yang kemudian berkembang ke saluran pernapasan. 

Oleh karena itu, untuk mencegah masuknya virus corona ke dalam tubuh, Anda harus memakai masker sebagaimana mestinya. Pastikan masker yang Anda pakai menutup hidung sampai bagian dagu dan tertutup rapat tanpa ada celah.

2. Ukuran masker yang tidak pas

Memakai masker yang tidak sesuai ukuran wajah dapat mengakibatkan ketidaknyamanan saat memakai masker. Saat Anda memakai masker yang terlalu kecil, Anda akan cenderung kesusahan dalam bernapas dan berbicara, sehingga akan timbul keinginan untuk sering membuka masker yang dipakai. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN