Mohon tunggu...
Nikhayatul Khusna
Nikhayatul Khusna Mohon Tunggu... Hobinya baca novel

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030087

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Yakisoba, Mi Goreng Khas Negeri Sakura

1 April 2021   15:05 Diperbarui: 1 April 2021   18:06 161 25 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yakisoba, Mi Goreng Khas Negeri Sakura
Sumber Gambar: hearthandhome.com

Mie merupakan makanan yang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Bahkan, makanan yang berbentuk seperti tali ini menjadi salah satu makanan yang paling populer di dunia. Makanan yang satu ini dapat ditemui hampir di setiap negara dengan gaya masakan dan cita rasa yang berbeda-beda. Salah satunya adalah negara Jepang.

Bicara tentang Jepang, negara yang satu ini memang terkenal akan kulinernya yang berbahan dasar mie. Banyak sekali makanan Jepang yang menggunakan mie sebagai bahan dasar. Mulai dari yang disajikan saat musim panas sampai yang disajikan saat musim dingin. Tentunya dengan cita rasa yang khas dan dan gaya masakan yang unik. Nah, salah satu olahan mie yang terkenal di Negeri Sakura ini adalah yakisoba.

Yakisoba merupakan mie goreng khas Jepang. Yakisoba ini sebenarnya bukanlah nama jenis mie, tetapi masakan dari mie yang digoreng. Oleh karena itu yakisoba dikenal dengan mie goreng jepang. Mie goreng ini diberi tambahan daging, jamur, aneka sayuran (kol, wortel, paprika, dll), dan bumbu saus uster atau saus yakisoba.

Selain itu, ada bahan lain yang ditambahkan saat membuatnya seperti, bawang bombay, acar jahe, udang kering, tenkasu, bubuk katsoubushi, aonori, dan mayones sebagai pelengkap. Dalam membuat yakisoba juga terdapat keunikan tersendiri, bumbu merica dan garam hanya dipakai untuk membumbui daging sebelum digoreng tidak ditambahkan dalam masakan.

Secara sekilas, yakisoba terlihat mirip dengan mie goreng di Indonesia. Akan tetapi, yakisoba memiliki cita rasa yang khas yang berbeda dengan mie goreng buatan Indonesia. Tekstur yakisoba lebih kenyal dari mie pada umumnya dan mie goreng ini menggunakan bumbu saus uster atau saus yakisoba asli dari Jepang yang menjadikan mie ini berbeda dari mie goreng buatan Indonesia.

Meski memiliki embel-embel "soba" pada namanya, yakisoba ini terbuat dari gandum, tidak seperti soba yang terbuat dari sorgum. Yakisoba memakai mie yang sudah direbus, bukan soba yang dibuat seperti mie goreng. Yakisoba bisa dimakan begitu saja atau dijadikan sebagai lauk. Yakisoba banyak di jumpai di restoran Jepang dan menjadi makanan favorit yang sering ada di festival (matsuri).

Di Jepang, yakisoba juga tersedia dalam bentuk instan. Yakisoba instan ini memiliki dua jenis kemasan yaitu kemasan kantong plastik dan kemasan mangkuk.

Kemasan plastik

Dalam membuat yakisoba kemasan plastik diperlukan panci atau wajan berisi air mendidih. Oleh karena itu kemasan ini dianggap tidak praktis sehingga hanya sedikit produsen mie instan yang masih memproduksi yakisoba kemasan plastik. Di samping itu, kemasan plastik juga kalah populer jika dibandingkan kemasan mangkuk.

Kemasan mangkuk

Pada kemasan mangkuk, sayur-sayuran dan daging sudah tersedia dalam bentuk kering yang dikemas bersama mie dalam magkuk berbahan styrofoam. Cara membuatnya juga praktis. Tuang air panas dalam mangkuk yang berisi mie, sayuran, dan daging, tunggu sampai mie matang kurang lebih selama 3-5 menit. Setelah itu sisa air dibuang melalui lubang-lubang yang terdapat pada tutup mangkuk. Selanjutnya tinggal menambahkan saus lalu diaduk-aduk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN