Mohon tunggu...
Nike Yunita
Nike Yunita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro

KKN Tim II UNDIP 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Cegah Covid-19 Melonjak, Mahasiswa Undip Gencarkan Teknologi Touchless pada Hand Sanitizer

5 Agustus 2021   09:17 Diperbarui: 5 Agustus 2021   09:21 102 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cegah Covid-19 Melonjak, Mahasiswa Undip Gencarkan Teknologi Touchless pada Hand Sanitizer
Box Hand Sanitizer Otomatis (Sumber : Penulis)

Kajeksan, Kota, Kudus (5/8/2021) - Pandemi Covid-19 di Indonesia belum juga ada tanda-tanda akan berakhir. Di tengah masa pandemi ini, hand sanitizer yang disediakan di tempat-tempat umum yang ditujukan untuk mensterilkan tangan justru dapat menjadi tempat penularan Covid-19. 

Hal ini karena tuas tempat hand sanitizer yang ditekan secara bergantian dapat menyebabkan tertinggalnya virus atau bakteri pada tuas tempat hand sanitizer tersebut. 

Selain itu, penggunaan sabun dan alat cuci tangan yang sering juga tersedia di tempat umum tersebut justru bisa menjadi media penularan virus Covid-19 karena disentuh oleh banyak orang.

Melihat kondisi ini, mahasiswa KKN Tim II UNDIP 2021, Nike Yunita (20) berinisiatif membuat alat hand sanitizer dengan sistem touchless guna membantu penerapan prokol kesehatan. Alat ini menggunakan sensor infrared sehingga cairan hand sanitizer dapat keluar tanpa harus menyentuh alat. 

Prinsip kerja dari alat hand sanitizer otomatis ini sangat sederhana yaitu dengan meletakkan tangan di bawah lubang tempat keluarnya cairan hand sanitizer, nantinya sensor akan mendeteksi tangan kemudian cairan hand sanitizer akan keluar dengan sendirinya.

Nike Yunita (20) juga mengajak para pemuda terutama Karang Taruna Kelurahan Kajeksan untuk "melek" Teknologi guna pencegahan kontak fisik dengan penderita Covid-19. Dengan adanya teknologi touchless ini, diharapkan masyarakat terbiasa dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19. 

Demonstrasi alat hand sanitizer dengan sistem touchless untuk para pemuda Karang Taruna Kelurahan Kajeksan dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2021 dan mendapat sambutan hangat dari Ketua Karang Taruna Kelurahan Kajeksan. 

Selain itu, dilakukan juga pembuatan video terkait cara pembuatan alat yang diunggah pada channel YouTube Nike Yunita supaya pemuda lain yang tidak dapat mengikuti demonstrasi tetap dapat memahami materi.

Demonstrasi Alat Hand Sanitizer Otomatis Bersama Karang Taruna Kelurahan Kajeksan (Sumber: Penulis)
Demonstrasi Alat Hand Sanitizer Otomatis Bersama Karang Taruna Kelurahan Kajeksan (Sumber: Penulis)
Adapun tindak lanjut kegiatan ini, yaitu alat hand sanitizer tersebut diserahkan ke Balai Kelurahan langsung kepada Bapak Rusichan, SE selaku Lurah Kajeksan untuk dapat dimanfaatkan dan digunakan dengan bijak sehingga masyarakat yang berkunjung ke Balai Kelurahan dapat mengenal teknologi touchless dan menggunakannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan