Mohon tunggu...
niken nawang sari
niken nawang sari Mohon Tunggu... Lainnya - Ibu Rumah Tangga. Kadang nulis juga di www.nickenblackcat.com

Ibu Rumah Tangga yang suka jalan-jalan ke bangunan kolonial, suka menulis hal berbau sejarah, dan suka di demo 2 ekor kucing. Blog pribadi www.nickenblackcat.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Pengalaman Mengoptimalkan 1000 Hari Pertama Kehidupan si Kecil

5 November 2018   07:22 Diperbarui: 5 November 2018   07:46 306
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
belajar mengeksplorasi di salah satu ruangan PG Colomadu dan tetap dalam pengawasan orang tua. dokpri

Sebuah janji suci yang telah diucapkan oleh dua insan manusia di depan Tuhan akan membuka sebuah kehidupan baru yang akan dijalani bersama hingga maut memisahkan. Dalam perjalanannya, akan ada berbagai tantangan termasuk tantangan untuk belajar menjadi orang tua. 

Tidak lama setelah mengucap janji suci itu, kami berdua diberikan berkah yaitu adanya seorang calon anggota keluarga baru yang masih di dalam kandungan. Sebuah karunia yang sangat membahagiakan sekaligus membuat kami harus belajar singkat untuk menjadi orang tua. 

Gragapan, itulah kata yang tepat untuk kami saat mulai belajar. Beruntung saat ini adalah jaman yang sangat mudah untuk mendapatkan informasi parenting. Bermodalkan smartphone dengan kuota full atau numpang wifian kita sudah bisa dapat informasi apapun yang kita inginkan, walaupun semua informasi tersebut harus disaring sendiri.

poster mengenai 1000 HPK yang dikeluarkan oleh BKKBN. copyright : BKKBN
poster mengenai 1000 HPK yang dikeluarkan oleh BKKBN. copyright : BKKBN
Mengetahui saya hamil, suami langsung membawa saya ke puskesmas untuk dilakukan cek kesehatan lengkap. Cek kesehatan lengkap dilakukan untuk mencegah berbagai kemungkinan resiko dalam kehamilan yang akan saya jalani kedepannya. Awal hamil masih bisa makan seperti biasanya, tetapi pada akhir trisemester pertama perut terasa semakin begah dan saya sempat mengalami mual-muntah setiap saat tanpa mengenal waktu. Alih-alih memasukkan makanan yang mengandung gizi seimbang,malah dimuntahin semua kan rasanya kesal.  

Berbekal rasa kesal dengan diri sendiri, pada awal trisemester kedua saya memantapkan diri  "harus bisa makan". Pertama yang saya lakukan adalah membuat infus water menggunakan mentimun, jadi setelah makan saya akan minum infus water tersebut agar tidak merasa mual. Sugesti terus menerus mengenai "harus bisa makan" ini saya kumandangkan kedalam diri saya sampai akhirnya mual dan muntah itu hilang.

piramida gizi seimbang. sumber : p2ptkemenkesRI
piramida gizi seimbang. sumber : p2ptkemenkesRI
Mengupdate pemikiran yang sudah lama terekam di otak memang tidak mudah, semua itu tergantung dari mau atau tidaknya kita berubah. Itu yang saya alami ketika saya menemukan piramida gizi seimbang yang sampai saat ini digaungkan oleh Kementrian Kesehatan. Gizi seimbang pada ibu hamil belum tertulis di dalam buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) milik saya, jadi saya harus banyak mencari informasinya melalui internet.

Pemberian asam folat dan tambah darah juga rutin saya minum sesuai anjuran bidan puskesmas. Memasuki akhir trisemester kedua, bidan puskesmas mengundang para ibu hamil di wilayah kecamatan Kalasan untuk mengikuti senam ibu hamil. Gerakan senam tidak terlalu sulit sehingga senam hamil dapat saya praktekkan di rumah.

Pada awal trisemester ketiga, saya mencoba untuk melakukan USG di RSKIA Sadewa karena penasaran dengan jenis kelamin calon bayi.  Hasil USG menunjukkan bahwa janin saya perempuan dan posisinya masih sungsang. Sebuah roman wajah khawatir nampak di muka sehingga dokter Arif Sp.Og menenangkan saya dengan berkata, " nggak apa-apa masih usia segini kan dia masih berputar-putar, nggak usah khawatir nanti juga cari jalan kok".

Semakin mendekati persalinan, saya melakukan kontrol kehamilan semakin rutin sesuai anjuran dari bidan puskesmas. Tetapi pernah saat saya kontrol di puskesmas dengan wajah khawatir bidan senior berkata bahwa bayi saya masih sungsang dan menjelaskan segala resiko yang akan saya alami jika bayi sungsang. 

Langkah lunglai menemani saya pulang, bersamaan dengan itu sumai membuat saya merasa bagaikan tersambar petir. Atas saran yang diperoleh dari temannya, suami menawarkan untuk "pijat" ke dukun bayi untuk membetulkan posisi janin. Saya berpikir resiko terbesarnya adalah bagaimana jika  kami meninggal saat dipijat. Setelah melalui perdebatan sengit, akhirnya suami mengalah dan saya sering mengajak calon putri saya untuk berputar saat melakukan senam ibu hamil.  

Inisiasi menyusui dini dan manfaatnya digambarkan dalam poster milik tirto.id. copyright : tirto.id
Inisiasi menyusui dini dan manfaatnya digambarkan dalam poster milik tirto.id. copyright : tirto.id
Setelah mengalami kontraksi palsu dan membingungkan suami karena rasa mules tetapi saya tidak mau segera dibawa ke rumah sakit, putri kami pun lahir di RS Rajawali Citra pada pertengahan Mei 2017 dengan berat badan 2500 gram. Setelah lahir, putri kami segera ditempelkan di dada saya untuk melakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini). Setelah selesai IMD, bidan memandikan putri kami sementara saya dipindahkan ke ruang perawatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun