Mohon tunggu...
Nike Andini
Nike Andini Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Tulisan saya ditunjukkan untuk menyelesaikan tugas mata kuliah yang sedang saya ambil, dan juga untuk mengasah kemampuan menulis saya untuk membuat tulisan yang lebih baik lagi.

Selanjutnya

Tutup

Media

Penggunaan Media Sosial Instagram sebagai Sumber Berita di Media Online

1 Agustus 2020   16:55 Diperbarui: 1 Agustus 2020   16:51 18 0 0 Mohon Tunggu...

Perkembangan teknologi internet membuat perubahan yang besar dalam produksi maupun konsumsi media yang hampir keseluruhan media informasi memanfaatkan teknologi berbasis internet. Hal ini karena mudahnya internet untuk diakses kapan saja dan di mana saja. 

Internet juga selalu menyajikan berbagai informasi yang ingin diketahui maupun tidak ingin diketahui. Selama terhubung jaringan internet, sirkulasi berita menjadi cepat dan efisien. Dengan demikian maka media berlomba-lomba mempublikasikan berita-berita baru.

Ha tersebut dikarenakan media online dituntut untuk memiliki kecepatan informasi. Kecepatan itu seperti penyampaian informasi yang up to date atau dapat dilakukan secara realtime dan terus menerus. 

Tak hanya itu media online juga harus bersifat interaktif dimana dapat menawarkan komentar. Itu berfungsi sebagai peluang untuk berinteraksi dengan audiens. Media online juga dituntut untuk menyajikan para penggunanya untuk memilih informasi yang diinginkannya.

Hasil riset ini menunjukkan bahwa mayoritas jurnalis media daring di Indonesia menggunakan media sosial  sebagai sumber  berita.  Sebanyak 9  dari  10  responden  (92,2%)  menggunakan media sosial  sebagai  sumber  berita.  

Seperti  yang  telah  diketahui,  jurnalisme  adalah  industri  berbasis informasi  (Mansour,  2018,  p.  13)  dan  media  sosial  menyediakan  kebutuhan  akan  hal  itu.  Dari sinilah  terjadi  hubungan  mutual  antara  keduanya. Sehingga hal ini terjadi terus menerus.

Saat ini terdapat lebih dari 20 sosial media yang ada di dunia dengan pengguna yang berjumlah ribuan bahkan jutaan.  Banyaknya dari pengguna sosial media tentu memperluas jaringan pertukaran informasi, termasuk media itu sendiri.  

Melalui media sosial masyarakat dengan mudah memperoleh informasi tentang peristiwa yang terjadi di negara lain. Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh media. Banyaknya informasi yang berlalu-lalang di sosial media tak ayal mempermudah pekerjaan media dalam membuat berita.

Instagram adalah media sosial yang tengah digandrungi sebagian besar masyarakat. Para penggunanya beragam, dimulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Mulai dari pelajar hingga pebisnis.

Media sosial yang fokus pada platform berbagi foto dan video ini memiliki berbagai fitur-fitur menarik. Seperti filter, Instagram Story, IGTV, dan lainnya membuatnya semakin diminati oleh berbagai kalangan.

Dengan adanya banyak fitur di instagram salah satunya mengabadikan moment penting berupa foto dan video. Instagram menjadi salah satu media yang kontennya banyak digunakan sebagai bahan isi berita. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x