Mohon tunggu...
Nifala Rizki
Nifala Rizki Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang Mahasiswi

Belajar Menulis

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Merdeka Menurut Kamu?

17 Agustus 2021   13:00 Diperbarui: 17 Agustus 2021   13:12 226 5 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Merdeka Menurut Kamu?
Ilustrasi "Merdeka Menurut Kamu" : Pinterest (erwinpratama.com)

Hari ini adalah hari selasa tanggal 17 Agustus 2021 yang tentunya bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76 tahun. Selama itu pula kita sudah bebas dari belenggu penjajah. Walaupun banyak sekali pahlawan-pahlawan yang hebat telah berguguran di medan perang demi mengusir penjajah dari Nusantara. 

Mereka berjuang penuh tanpa mengenal rasa pantah menyerah, demi kehidupan yang lebih baik untuk generasi penerusnya. Seperti kita sekarang ini yang akan melanjutkan tonggak Indonesia untuk kedepannya.

            Ngomong-ngomong soal merdeka, apa sih arti merdeka bagi diri kamu saat ini? Kalau menurut saya sendiri, ada banyak hal dalam hidup kita perlu mengenal arti merdeka, baik merdeka untuk diri sendiri, untuk orang lain, merdeka dari rasa takut, bahkan merdeka dalam mengeskpresikan diri kita kepada yang lain.

Merdeka dalam berpendapat

            Negara kita adalah negara yang demokrasi, dimana setiap warganya bebas merdeka dalam bersuara, menyampaikan pendapat, memberi aspirasi, memberi kritikan ataupun masukan kepada siapapun, baik melalui karya ataupun secara langsung. Kita bebas dalam membicaran apapun itu, seperti politik, sosial, budaya, ras, agama bahkan kehidupan sehari-hari.

Akan tetapi, ketika kita berpendapat gunakanlah tata cara yang sopan dan jangan terlalu menjudge seseorang. Karena menurut saya, mengkritik dan berpendapat sangat diperbolehkan, tapi jangan sampai menyakiti seseorang ataupun kelompok lainnya. Dan setiap orang mempunyai kebebasan berpendapatnya masing-masing.

Merdeka dari rasa takut

            Rasa takut yang dialami seseorang tentu berbeda satu dengan yang lainnya, karena kita mempunyai berbagai perbedaan di setiap diri kita masing-masing. 

Ada yang takut dalam keadaan gelap, ada yang takut ketika disuruh presentasi, takut akan nilai rapor merah, takut akan omelan ibunya bahkan kita semua pasti takut ketika kita tidak punya uang. 

Dan tentunya kita juga mempunyai solusi dari setiap permasalah kita, termasuk juga dengan rasa takut tersebut. Tidak mungkin kita hidup dengan terus terbelenggu dari rasa takut dan pasti akan saatnya diri kita bisa keluar dari rasa takut yang terus menghantui tadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan