Mohon tunggu...
Nidia Yuniarsih
Nidia Yuniarsih Mohon Tunggu... Dosen - Educator

An ordinary mom in extraordinary circumstances who loves to learn and share

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Olahan Udang Panggang Keju, Praktis dan Bikin Ketagihan

26 Juli 2021   11:00 Diperbarui: 26 Juli 2021   12:10 466
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sebagai ibu rumah tangga yang keterampilan memasaknya masih biasa saja, sering kali saya membuat masakan yang praktis dan tidak ribet dalam proses pembuatannya. 

Walaupun saya tahu banyak yang bilang kalau mau makanan enak harus siap ribet, tetapi kalau bisa dibuat dengan mudah mengapa harus repot, ‘kan? Oleh karena itu, saat tinggal udang yang ada di dalam kulkas, saya mencoba mencari cara agar dapat mengolah udang tersebut untuk dimakan, tentu saja dengan cara yang praktis dan menggunakan bahan yang seadanya.

Udang digoreng dan direbus itu sudah biasa, akhirnya saya memutuskan mencari cara agar udang dapat dipanggang menggunakan oven listrik yang saya miliki. 

Selain tidak ribet, cara ini juga membuat saya tidak perlu mencuci banyak peralatan memasak setelah selesai, dan bonusnya selama menungu udang dipanggang nanti, saya bisa menyiapkan sayur dan menu lainnya, sangat praktis, bukan?

Setelah memeriksa isi kulkas untuk menemukan bahan-bahan yang masih bisa digunakan, akhirnya saya memutuskan untuk membuat udang panggang keju bawang putih. Langsung saja mari kita buat berdasarkan resep berikut ini:

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 8 ekor udang segar
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 2 sdm mentega
  • 100 gram keju mozzarella atau keju cheddar yang diparut
  • 2 sdm bawang putih yang dicincang kasar
  • 2 sdm daun bawang atau peterseli  (karena tidak ada peterseli, saya gunakan daun bawang)
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya

Cara membuatnya sebagai berikut:

1. Bersihkan udang dengan cara menggunting semua bagian yang tajam dari udang tanpa mengupas kulitnya. Belah udang melalui punggungya, jangan sampai udang putus. Jangan lupa membersihkan kotoran udang. Gunakanlah pisau yang sangat tajam agar proses ini menjadi lebih mudah.

2. Setelah udang dibersihkan dan dibelah, kemudian berikan jeruk nipis agar bau amis udang berkurang.

3. Siapkan oven dan panaskan kurang lebih selama 10–15 menit dengan suhu 1800 C.

4. Masukkan mentega kedalam mangkuk atau wadah yang tahan panas, kemudian lelehkan di oven yang sudah dipanaskan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun