Mohon tunggu...
Nidha Khairunnisa
Nidha Khairunnisa Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa IAIN Palangka Raya

INTJ (Super Weirdo MBTI) and Loving Art

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Boygroup BTS Wamil, Harga Album, PC & Merch Turun? Penggemar Ramai Jual Koleksinya

9 November 2022   23:29 Diperbarui: 10 November 2022   09:26 239
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

BTS sendiri ialah sebuah boygroup dibawah naungan HYBE yang populer saat ini, diketahui HYBE juga menaungi beberapa musisi dunia lain diantaranya seperti Justin Bieber dan Ariana Grande. 

Kemudian BTS juga terkenal karena menjadi bagian dari UNCEF pada tahun 2017 dengan misi membantu mengakhiri kekerasan, pelecehan, dan intimidasi yang terjadi pada anak dan remaja global. 

Kemudian diketahui BTS juga menghadiri UNGA (United Nations General Assembly) yang diselenggarakan oleh PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa) / UN (United Nations). 

Presiden Korea Selatan yaitu Moon Jae In mengutus BTS yang saat itu mengangkat topik Sustainable Development Goals Moment (SDGs) di sesi ke-76 Majelis Umum PBB di New York, Senin (20/September/2021). 

Banyaknya peminat dari Boygroup asal Korea Selatan di Indonesia sudah tidak dapat dipungkiri lagi, membuat Indonesia sebagai pasar yang menjanjikan bagi industri KPOP

Tercatat Indonesia ialah salah satu negara dimana penggemar BTS terbanyak berada. Penjualan album dan merch nya pun sangat laris di pasaran. Meskipun dengan harga yang tinggi dan cenderung makin tinggi tetapi tidak mengurangi keinginan untuk membeli dari kalangan penggamarnya karena merasa memiliki keterikatan dan keinginan yang tinggi untuk memiliki barang tersebut. Ditambah lagi pada saat pandemi penjualan album dan merch yang berbau BTS oleh HYBE sangat meningkat tajam.

Namun pada saat melaksanakan konser mereka yang secara gratis di Busan pada 15 Oktober 2022 kemarin, yang menarik banyaknya wisatawan mancanegara sekaligus dalam upaya meningkatkan pariwisata kota Busan kala itu, tiba-tiba munculah pengumuman bahwa mereka akan menjalani wamil (wajib militer), yang akan dilakukan secara tidak serentak satu sama lain (antar member) dimana sesuai pertambahan usia para member itu sendiri.

Hal ini tentu saja mengejutkan para penggemar yang merespon tentang nasib album, merchandise dan photocard yang ada (beredar) saat ini. Banyak penggemar yang mengoleksi merch kemudian juga photocard yang didapatkan ketika membeli album, maupun yang terpisah dari album. Harganya cenderung mahal dan akan semakin mahal jika semakin di cari / di incar oleh banyak orang namun persediaannya sedikit (rare photocard).

Ini mengindikasikan mungkin saja banyak penggemar yang cemas harga barang koleksinya juga akan ikut turun drastis senada dengan naik turunnya saham dari HYBE bahkan cenderung menurun curam dan mulai menjual koleksi mereka sedikit demi sedikit maupun langsung keseluruhan koleksinya.

Dilihat dari berbagai sumber yang ada, bisa jadi faktor yang menyebabkan kurangnya minat dari para penggemar ialah telah dijalankannya project solo dari ke-7 member. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun