Mohon tunggu...
Nida Alya
Nida Alya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa yang sedang menjalankan tugas KKN. Doain semoga cepet lulus

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Daily Journal, Memulai Kebiasaan Baik di Masa Pandemi

22 Juli 2021   20:00 Diperbarui: 29 Juli 2021   22:14 259 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Daily Journal, Memulai Kebiasaan Baik di Masa Pandemi
my-daily-journal-jpg-6102c5dc06310e41b27a7f13.jpg

Pembelajaran Jarak Jauh atau biasa kita kenal PJJ sudah berlangsung sejak bulan Maret 2020. Kondisi ini bukan hanya berdampak pada guru dan siswa saja, tapi juga berdampak pada orang tua yang berperan sebagai guru di rumah. Orang tua perlu lebih kreatif agar anaknya tetap disiplin waktu, tidak cepat bosan dalam belajar, dan juga tidak bermain di luar.

Permasalahan disiplin waktu pasti banyak dirasakan oleh orang tua sekarang, anak yang biasanya disibukkan dengan kegiatan belajar di sekolah dari Senin sampai Jumat, dari pagi sampai sore, dan sekarang belajar melalui layar gadget dengan alokasi waktu yang tidak sama dengan saat sekolah luring, sehingga anak terlalu banyak waktu kosong untuk bermain gadgetnya. 

Bermain gadget bukan merupakan hal yang buruk, apabila diawasi dan dibatasi waktu penggunaannya. Namun, untuk membatasi pemakaian gadget, orang tua perlu memutar otak lagi untuk menciptakan aktivitas menyenangkan. Membuat jurnal merupakan salah satu solusi untuk menciptakan kegiatan yang menyenangkan dan juga mudah pembuatannya.

Manfaat jurnal menurut Amanda Morin (dalam parenting.co.id) bagi anak-anak yaitu untuk menceritakan kegiatan sehari-hari dan mencurahkan pemikiran serta perasaan mengenai kegiatan yang dilakukannya tersebut. Menurutnya, jurnal ini dapat melatih anak-anak dalam membuat perencanaan dan juga dapat mendisiplinkan diri. Selain itu, menulis jurnal juga dapat membiasakan anak untuk gemar menulis.

Mengutip dari kata-kata Yarmi (dalam Wulandari, dkk., 2020, hlm. 38 ) “Dengan menggunakan jurnal harian atau daily journal, siswa dilatih keterampilan menulisnya    secara nyata. Memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan ide dan gagasannya dalam menggunakan Bahasa. Menulis jurnal dapat melatih siswa terampil  menulis, membaca, berani  mengambil  dan  menghadapi  resiko, memvalidasi pengalaman dan perasaan pribadi, mengembangkan kemampuan berpikir, serta memberi kesempatan merefleksi diri.” Dapat diketahui bahwa menulis jurnal harian banyak sekali manfaatnya untuk anak usia sekolah.

Membuat jurnal harian tidaklah sulit. Jurnal harian dapat dibuat di buku jurnal, buku tulis, maupun di kertas hvs. Orang tua dapat menyesuaikan sendiri format yang dibutuhkan. Gunakanlah pensil berwarna, spidol, atau crayon supaya anak semakin bersemangat mengisi jurnal hariannya.

Contoh jurnal harian yang penulis buat:

  • Schedule, diharapkan dapat melatih kemampuan perencanaan anak. Kolom tersebut dapat diisi bersama orang tua untuk menentukan kegiatan apa saja yang harus dilakukan pada hari tersebut.

  • Task atau tugas, berfungsi untuk menuliskan tugas apa saja yang perlu diselesaikan pada hari tersebut atau bisa juga untuk hari esoknya, baik tugas sekolah maupun tugas rumah. Dari adanya bagian tugas ini, diharapkan anak tidak lupa dengan kewajiban yang harus dilakukannya.

  • Water intake atau asupan cairan, untuk mengetahui berapa banyak cairan yang sudah masuk ke tubuh. Terutama di masa pandemi seperti sekarang ini, cairan sangat dibutuhkan agar tubuh tetap fit.

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
    VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan