Mohon tunggu...
Nida Khairunnisaa
Nida Khairunnisaa Mohon Tunggu... ig: @nidakhrnns

Mental Health Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Belajar Mencintai dan Menghargai Diri Bersama Satu Persen

30 Oktober 2020   17:49 Diperbarui: 4 November 2020   17:33 29 0 0 Mohon Tunggu...

Sabtu, 17/10/20. Minggu ini Satu Persen kembali mengadakan webinar yang membahas tentang permasalahan kehidupan yang relate dengan kondisi masyarakat saat ini. Salah satu permasalahan yang banyak dialami oleh dewasa muda saat ini adalah sulitnya mencintai dan menghargai diri sendiri. Pengaruh standar sosial ditambah dengan kemudahan akses mendapatkan informasi melalui media sosial semakin menambah kesulitan individu untuk mencintai dirinya sendiri. 

Sulitnya mencintai diri sendiri tentunya dapat memberikan dampak yang negatif terhadap keseharian, salah satu dampak yang mungkin sangat terasa adalah menurunnya rasa percaya diri. Untuk itu, Satu Persen bersama Psikolog dan co founder Satu Persen mengadakan Webinar ini untuk membantu individu yang mengalami kesulitan dalam mencintai diri dapat belajar serta menumbuhkan rasa cinta ini dalam dirinya.

Webinar ini diberi judul "Yuk Mulai Belajar Mencintai dan Menghargai Diri Sendiri". Webinar ini terdiri dari dua sesi yang juga akan diisi oleh dua pembicara. Sesi pertama membahas tentang "Mencintai dan Menghargai Diri Sendiri" yang dibawakan oleh Psikolog Satu Persen Fadhilah Eryananda, M.Psi., Psikolog. Lalu dilanjutkan dengan sesi kedua membahas "Mulai Mencintai dan Menghargai Diri Sendiri itu Mudah" bersama Rizky Andriawan, Co-Founder Satu Persen. Masing-masing materi dibawakan dalam waktu satu jam setengah lalu dibuka sesi diskusi atau tanya jawab bersama para peserta.

Sesi pertama dibuka oleh Kak Fadhilah dengan melakukan cek ombak untuk mengetahui bagaimana kondisi atau masalah apa yang paling banyak dialami oleh para peserta melalui Slido.com. Peserta diminta untuk memilih kondisi mana yang paling sesuai atau pernah dialami olehnya. Hasilnya menunjukkan bahwa dari 83 peserta yang mengisi polling ini, sebanyak 60% peserta merasa tidak percaya diri dengan dirinya sendiri, lalu di urutan kedua adalah sering merasa tidak enak dan sulit menolak ajakan orang lain. Kedua kondisi ini merupakan fenomena masalah yang banyak terjadi karena kurangnya rasa mencintai diri sendiri.

Pada sesi ini, kak Fadhilah banyak mengenalkan konsep-konsep tentang Mencintai dan Menghargai Diri, serta meluruskan hal-hal yang salah terkait Mencintai Diri yang banyak berkembang di luar, misalnya adalah Self Love adalah perilaku egois, atau Self love = Narsis. Disini Kak Fadhilah menjelaskan bahwa Mencintai diri bukanlah perilaku egois ataupun perilaku narsis. Beliau menekankan bahwa Self Love merupakan hal yang sangat tidak egois, bahkan memberikan dampak yang positif bukan hanya untuk diri sendiri, namun juga lingkungan sekitar.

Sedikit kak Fadhilah memaparkan Cara untuk Mencintai dan Menghargai Diri Sendiri ala Deborah Ward, yaitu: Tunjukkan rasa peduli dan kasih sayang pada diri, Tetapkan Boundaries, dan Lakukan hal yang membuat kamu Bahagia.

Setelah break sekitar satu jam, lalu dilanjutkan dengan sesi kedua yang dibawakan oleh Kak Rizky. Di awal sesi kak Rizky meminta para peserta untuk memilih tempat yang nyaman karena membicarakan tentang cinta berarti kita berfokus pada emosi dibandingkan pikiran.

Setelah memberi waktu 10 menit untuk para peserta, Kak Rizky juga meminta para peserta untuk merefleksikan bagaimana self love itu di dalam diri mereka masing-masing melalui self talk. Refleksi ini membuat suasana terasa semakin emosional. Membangun suasana ini bertujuan agar para peserta bisa lebih terbawa dan memahami konsep mencintai diri sendiri bukan hanya sekedar materi, tetapi juga dapat merefleksikan dan menerapkan dalam keadaan sehari-hari. Untuk membentuk rasa cinta pada diri sendiri, kita perlu mengenali dulu emosi yang muncul pada diri kita sendiri. Semakin kita mengenali dan menerima emosi yang muncul, semakin memudahkan kita mencintai dan menghargai diri kita dengan segala kondisinya.

Pada sesi ini Kak Rizky menggunakan "resep" dari Deborah Khoshaba untuk mencintai diri sendiri, yaitu stop membandingkan diri dengan orang lain, lakukan hal baik untuk diri sendiri, tentukan batasan, dan maafkan dirimu. Resep ini akan membantu kamu untuk menumbuhkan rasa cinta pada diri kamu sendiri.

Webinar ini tidak hanya berhenti pada dua sesi ini saja, Satu Persen selalu memberikan manfaat yang banyak bagi para peserta yang mengikuti webinar salah satunya adalah worksheet yang akan membantu para peserta untuk melakukan action setelah mengikuti webinar serta ada pula diskusi harian bersama para pembicara sehingga peserta dapat saling bertukar pikiran melalui grup yang disediakan.

Satu Persen selalu berupaya untuk membuat kamu merasa berdaya dengan segala proses yang dijalani dalam hidup, mungkin tidak dengan perubahan yang besar, hanya Satu Persen setiap hari akan memberikan hasil yang besar nantinya. Tidak hanya melalui webinar, Satu Persen juga memiliki berbagai layanan yang dapat membantu sesuai dengan kebutuhanmu, kamu bisa melihat berbagai layanan Satu Pesen di https://satupersen.net/pricing. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buatmu menuju hidup seutuhnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x