Mohon tunggu...
Nico
Nico Mohon Tunggu... Keterangan Profil

Bio

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Semangat Pemuda Indonesia Harus Tetap Membara

24 Februari 2021   00:02 Diperbarui: 24 Februari 2021   00:05 56 0 0 Mohon Tunggu...

Pemuda- pemudi bangsa adalah harapan masa depan Indonesia, ungkapan tersebut merupakan hal yang paling sering dinyatakan jika berbicara tentang peran pemuda bagi Indonesia. Memang pemuda- pemudi itu bisa dibilang golongan yang paling aktif bila dikaitkan dengan aksi- aksi di media. Tidak bisa dipungkiri pemuda- pemudi ini adalah faktor dari bagaimana jalannya pertumbuhan dan perkembangan negara Indonesia.

Indonesia adalah negara yang majoritas penduduknya adalah usia produktif. Menurut undang- undang republic Indonesia Nomor 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan tercantum pemuda adalah warga negara Indonesia dalam masa terpenting bagi tumbuh kembangnya, tertutama dalam hal potensi, karakter, kapasitas, hak, tanggung jawab, dan cita- cita pemuda. Secara hukum spektrum pemuda dianggap berusia 16 sampai 30 tahun.

Pemuda adalah golongan atau generasi yang akan menjadi penerus geraknya bangsa Indonesia. Menjadi hak merekalah jikalau mereka ingin mengubah nasib- nasib mereka di masa depan sebagai masyarakat Indonesia. Karena itu, pemuda- pemudi Indonesia adalah tokoh yang tepat untuk membentuk dan memancing perubahan di Indonesia.

Peran pemuda itu dapat kita lihat dalam sejarah negara Indonesia ini. Dari masa di saat sumpah pemuda dicetuskan sampai masa kini dengan berbagai karya dan kontribusi para pemuda untuk kemakmuran negara Indonesia. kita dapat melihat peran pemuda dalam perjuangan bangsa. Indonesia memiliki sejarah dimana banyak tokoh pemuda memiliki dampak yang besar dalam perubahan dan perkembangan negara Indonesia. Terutama semenjak pemuda- pemudi Indonesia berkumpul dalam suatu kelompok yang terpelajar dan menyadari bahwa masa depan negara adalah ditangan mereka.

Semangat-semangat perjuangan dan nasionalisme bangsa Indonesia adalah perkataan yang ditujukan untuk pemuda Indonesia. Pada awalnya, para kalangan pemuda inilah yang mengusahakan kemerdekaan Indonesia karena keinginan mereka untuk menciptakan negara Indonesia yang satu dan bebas dari penjajahan. Karena itulah para pemuda Indonesia mulai berkumpul dan mulai merasakan semangat nasionalisme dan patriotisme yang sagat besar.

Dari masa penjajahan Indonesia oleh Belanda dan Jepang, kaum pemuda sudah memiliki pengaruh dalam jalannya kejadian sejarah peruangan kemerdekaan. Mulai dari kelompok- kelompok atau organisasi pemuda terpelajar yang bersidat politik dan non-politik sampai organisasi keamanan dan militer. Mereka mulai memperjuangkan kemerdekaan Indonesia mulai dari aspek politik dan mencari kesempatan dikala mana Indonesia dapat mewujudkan kemerdekaannya.

Oleh karena itu, kita harus melihat ke masa ini. Bagaimana peran pemuda masa kini? Setelah pencetusan proklamsi kemerdekaan itu dan untuk apa kaum pemuda berjuang dimasa kini? Karena Indonesia semakin berembang sebagai negara dan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang pula. Tetapi pengaruh negara lain tidak terlepas dari kehidupan soial budaya, ekonomi dan politik di Indonesia.

Pada masa kini peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda bangsa Indonesia tentunya akan lebih mengarah kepada mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia daripada memperjuangkan kemerdekaannya. Perjuangan pemuda di masa kini datang dengan berbagai kemajuan yang ada pula dalam kemajuan iptek dan globalisasi. Pemuda tidak perlu memperjuangkan kemerdekaan lagi bukan berarti kewajiban pelajar, mahasiswa, dan pemuda bangsa makin mengecil. Sebaliknya, pemuda masa ini memiliki tugas dan kewajiban yang lebih banyak dan tidak mudah pula.

Di dalam masyarakat dan banyak media yang telah melukiskan karakter pemuda zaman sekarang sebagai karakter yang bermasalah dan tidak stabil. Makannya banyak poster dan sosialisasi yang mengatasi masalah pemuda zaman sekarang. Konflik yang paling sering dibahas adalah pengonsumsi narkoba, pertengkaran antar kelompok seperti tawuran dan sebagainya dan kenakalan remaja.

Hal- hal tersebut memang hadir karena pengaruh dan perubahan zaman masa kini tentunya karena adanya perkembangan budaya dan teknologi. Tetapi, tidak semua pemuda mengisi masa mudanya dengan hal negatif. Indonesia juga memiliki kebanggaan dalam pemuda- pemudinya yang mencapai berbagai macam prestasi untuk mengharumkan nama bangsa. Dengan itu perjuangan utama pemuda dalam masa ini dapat dikatakan adalah untuk memperjuangkan kemakmuran bangsa dan untuk mebentuk diri sendiri sebagai individu yang membanggakan bangsa sendiri.

Karena itu, pemuda masa kini juga perlu mempersiapkan diri sebagai generasi penerus. Sebagai generasi penerus yang menjunjung tinggi kemakmuran bangsa Indonesia. Banyak perihal yang akan menghalangi pertumbuhan pemuda ini, banyak juga orang- orang yang tidak bertanggung jawab yang tidak membimbing kaum pemuda dengan baik. Maka, para pemuda ini lebih baik berusaha membangun diri dengan tidak terjerumus kedalam aktifitas negatif dalam masa yang moderen ini. Kualitas pribadi kaum pemuda ini juga berhubung kepada keinginan untuk berkarya untuk berkontribusi kepada negara

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN