Mohon tunggu...
Tatang Tarmedi
Tatang Tarmedi Mohon Tunggu... Jurnalis - Untuk share info mengenai politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Hidup akan jauh lebih bernilai, jika kau punya sebuah tujuan penting.

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal

Program Ketahanan Pangan/Hewani di Desa Tanjungsari Libatkan UPTD Terkait

3 Oktober 2022   22:19 Diperbarui: 3 Oktober 2022   22:34 85 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Anjuran pemerintah  untuk terapkan Ketahanan Pangan dan Hewani  pada Dana Desa melalui Kepres 104 Tahun 2021 oleh Pemdes Tanjungsari Kabupaten Sumedang dijalankan dengan melibatkan pihak Unit Pengelola Teknis Dinas ( UPTD ) di bidangnya.

Menurut Erry Supriadi, Kades Tanjungsari, ada dua UPTD terlibat langsung dalam Program Ketahanan Pangan dan Hewani di Desa Tanjungsari. Yakni, UPTD Perikanan dan Peternakan serta UPTD Pertanian Ketahanan Pangan. Mereka terlibat diantaranya dalam aspek pelatihan teknis budidaya.

Dikatakan Kades Erry, kelompok perikanan dan peternakan disepakati bersama untuk terapkan budidaya ternak kelinci. ikan lele dan gambi. Sedangkan kelompok pertanian, terapkan budidaya tanaman pekarangan dan hortikultura.

Adapun penyertaan modal bagi tiap kelompok, diberikan sesuai dengan peruntukkannya. Total besaran  permodalan yang diberikan kepada kelompok tidak membengkak melebihi 20 persen dari Dana Desa Tahap 2.

Kades berharap, bila program itu berjalan mulus, tidak menutup kemungkinan akan melibatkan BUMDes, " Ini program mesti berkelanjutan. Bila lancar, bisa saja ada tambahan modal dari BUMDes," kilah Kades Erry. ( Tang )

Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan