Mohon tunggu...
Tatang Tarmedi
Tatang Tarmedi Mohon Tunggu... Jurnalis - Untuk share info mengenai politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Hidup akan jauh lebih bernilai, jika kau punya sebuah tujuan penting.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Suami Istri Tercurah Hidupnya demi Anak Berkebutuhan Khusus

12 September 2022   08:13 Diperbarui: 12 September 2022   08:26 93 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kesamaan pola pikir untuk berjuang ke arah perbaikan nasib hidup bagi anak berkebutuhan khusus,, tampaknya telah lama mengakar dalam jiwa pasangan suami istri ( pasutri ) Sunarya dengan Ani Sofiah warga Desa Jatihurip Kecamatan Sumedang Utara.

Telah puluhan tahun pasutri ini jalani pengabdian selaku guru di Sekolah Luar Biasa ( SLB ). Uniknya, di masa-masa akhir pengabdiannya, mereka bersatu di SLB Kosera, Sang Suami guru yang mendapat tugas tambahan selaku kepala sekolah. Sementara, Sang Istri, masih menjadi  guru. Ketika suaminya pensiun, Ani Sofiahlah strinya yang gantikan kedudukan suaminya selaku kepsek di SLB Kosera.

Saat ditemui penulis pekan lalu, Sunarya dan Ani Sofiah baru ngantar murid-muridnya dari kegiatan lapangan. Sunarya bertutur tentang perjalanan karirnya. Pertama kali turun SK pengangkatan selaku guru di SLB Pademangan Jakarta Utara.

Sekitar tahun 2000, pindah tugas ke Bandung. Kemudian ia merintis membangun SLB di Dusun Cimasuk  Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang.

Namun, karena terlintas Proyek Jalan Tol Cisumdawu, SLB rintisannya itu terpaksa pindah lokasi ke Dusun Cirengganis masih di Kecamatan Pamulihan. Di SLB Kosera inilah Sunarya berjuang dari titik nol. 

Dengan himpitan kemiskinan sarana dan prasarana waktu itu, Sarjana jebolan Uninus ini terus merangkak menapaki beragam situasi hingga SLB Kosera mampu berdiri sebagai satu-satunya SLB yang bisa jadi wadah bagi anak berkebutuhan khusus di Kecamatan Pamulihan. ( TATANG TARMEDI )

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan