Mohon tunggu...
Nicholas Russel William
Nicholas Russel William Mohon Tunggu... Ahli Gizi - pelajar/Kelas 12 IPA/SMA Kolese Kanisius

Pelajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pentingnya Bioteknologi Sebagai Penunjang Masa Depan Bangsa

25 September 2022   00:00 Diperbarui: 25 September 2022   00:04 300 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Krisis pangan saat ini sedang terjadi di Indonesia. Faktanya, lahan pertanian di Indonesia mengurang setiap tahunnya dengan 1 hektar lahan pertanian mengurang dari jangka waktu 2012 sampai 2019. Sumrambah Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Jatim berpendapat bahwa bioteknologi menjadi suatu hal yang esensial bagi negara Indonesia karena setiap tahunnya lahan pertanian di Indonesia menurun. Oleh karena itu, bioteknologi menjadi sebuah ilmu yang penting karena ilmu bioteknologi dapat menghasilkan bibit-bibit unggul yang mampu menanggulangi masalah ini. M. Yadi Sofyan Noor Ketua Kontak KTNA Nasional juga setuju dengan sudut pandang ini karena melalui variasi bibit unggul maka dapat dihasilkan produksi lebih tinggi. Selain dalam bidang pangan, Ony Anwar Harsono Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jawa Timur merasa bahwa bioteknologi juga dapat digunakan dalam bagian pangan "food security".

Salah satu perkembangan di bidang bioteknologi adalah riset dilakukan oleh Prof Dr Sc Arep Awaludin Prihanto, seseorang professor bioteknologi yang berpendapat bahwa terkadang teknik fermentasi terutama pada produk perikanan menghasilkan produk yang kurang enak dan bau. Professor Arep memulai riset yang menggunakan teknologi seperti pemanfaatan enzim dan bakteri untuk menghasilkan produk lebih unggul.

Dari kedua paragraf diatas, dapat dipetik bahwa bioteknologi merupakan sebuah ilmu yang menyangkut konsep-konsep biologi dan metode aplikasinya untuk menghasilkan inovasi. Definisi para ahli juga mendukung interpretasi tersebut, dengan Smith (1981) yang mengatakan bahwa bioteknologi adalah upaya pemanfaatan makhluk hidup sebagai usaha industri serta manufaktur. Primrose (1987) juga mendukung definisi ini dan memperjelas dengan mengatakan bahwa bioteknologi dapat definisikan sebagai eksploitasi komersial organisme hidup atau komponennya, seperti enzim.

Secara umum, bioteknologi merupakan sebuah ilmu yang memanfaatkan alam di sekitar untuk mendapatkan teknologi yang menguntungkan. Dalam dunia modern, seseorang ahli bioteknologi dapat dianalogikan sebagai Tom Hanks di film Cast Away. Ia ada di sebuah dunia yang terisolasi dengan berbagai macam masalah dan untuk menghadapinya, ia harus menghasilkan alat-alat untuk membantunya hidup. Intinya, bioteknologi menjadi salah satu dari banyak ilmu yang bertujuan untuk membuat hidup manusia lebih baik seperti ilmu teknik ataupun fisika/matematika terapan.

Bioteknologi sebagai ilmu yang memanfaatkan alam untuk mencari hasil yang menguntungkan pasti akan memiliki peran besar dalam masa depan manusia. Bioteknologi masih sangat kurang dimanfaatkan, jadi di masa depan pasti akan dapat kemajuan. Dari awal zaman sampai sekarang, manusia selalu berusaha untuk mencari inovasi dan cara agar dapat membuat hidupnya di bumi ini semakin nyaman. Bioteknologi merupakan ilmu yang akan membantu mencapai tujuan ini agar kualitas hidup manusia dapat senantiasa meningkat.

Selain memanfaatkan bioteknologi untuk manusia, ilmu ini juga dapat dimanfaatkan untuk melindungi bumi ini. Ilmu bioteknologi membutuhkan bumi ini untuk dapat menghasilkan inovasi-inovasinya, jadi manusia pun harus sadar akan pentingnya keberadaan alam di bumi ini. Melalui bioteknologi, diharapkan bahwa ekosistem-ekosistem yang ada di sekitar bumi dapat dilindungi oleh inovasi-inovasi baru yang dihasilkan oleh para ilmuwan dan ahli dalam bidang bioteknologi. Sayangnya, minat dan apresiasi dari negara ini serta dari masyarakatnya terhadap bioteknologi masih amat rendah. Negara dan masyarakat harus berpartisipasi bersama dan mengambil inisiatif sendiri melalui beberapa langkah-langkah sebagai berikut:

1. Meningkatkan literasi dan minat

Dibalik sebuah negara yang maju, literasi menjadi sebuah penggerak utama. Untuk meningkatkan minat dibalik bioteknologi, maka pemerintah harus berusaha untuk membuat masyarakat mereka lebih terpikat terhadap subjek tersebut. Tanpa literasi yang lebih lanjut, maka Indonesia tidak akan dapat menyadari kepentingan dari jurusan tersebut.

2. Menerapkan secara langsung ilmu bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari

Selain literasi dan informasi, maka ilmu tersebut tentu saja juga harus dipraktekkan. Melalui penerapan secara langsung, maka masyarakat akan langsung melihat hasil langsung dari ilmu tersebut akan mendorong kesadaran akan seberapa pentingnya ilmu tersebut bagi negara.

Bioteknologi akan menjadi sebuah ilmu dan bidang yang sangat penting. Masih banyak sekali inovasi-inovasi yang dapat dicapai melalui bioteknologi baik untuk manusia ataupun lingkungan. Dengan ilmu ini, masa depan bagi manusia akan menjadi jauh lebih baik dan bumi pun masih dapat terjaga. Untuk mencapai itu, pemerintah harus senantiasa mendukung program bioteknologi dengan memberi dana riset bagi para ilmuwan dan ahli bioteknologi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan