Mohon tunggu...
Nicho Kosip
Nicho Kosip Mohon Tunggu... Penulis - Nulis kalo mood-nya ngumpul :)

Lulusan Ilmu Komunikasi angkatan 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kisah Menarik Pembelajaran Satu Semester bersama Penulisan Naskah Digital

17 Desember 2020   14:24 Diperbarui: 17 Desember 2020   14:30 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penulisan Naskah Digital merupakan salah satu mata kuliah pilihan di program studi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Mata kuliah ini mulai dapat diambil oleh mahasiswa, ketika sudah berada di semester 5. Awalnya saya cukup bimbang memilih mata kuliah apa yang harus saya ambil sewaktu menginjakkan kaki di semester ini. Pasalnya ketika salah memilih mata kuliah, tentu dampaknya bisa cukup fatal. 

Saya tidak dapat membayangkan kalau harus bergelut selama satu semester dengan mata kuliah yang tidak sesuai harapan, pasti cukup mengenaskan bukan? Namun untungnya saya tidak merasakan hal demikian dalam mata kuliah ini.

Selama periode satu semester yang kurang lebih berjalan selama 5 bulan, saya cukup enjoy menghabiskan waktu bersama mata kuliah ini. Diampuh oleh Bapak Yohanes Widodo, S.Sos., M.Sc atau akrab disapa Mas Boi, cukup membuat saya selalu penasaran dengan materi baru setiap minggunya. Hal lain yang cukup membuat saya nyaman dengan mata kuliah ini adalah ekspektasi saya yang terpenuhi pada awal semester.

Mengingat ini adalah mata kuliah penulisan naskah digital, tentu di sini saya mendapat bekal utama menjadi seorang penulis. Setelah menyelami dan berkecimpung di mata kuliah ini saya baru sadar, bahwa ternyata menulis tak semudah yang dibayangkan. Dalam menulis juga diperlukan kemampuan (skill) dan juga pengetahuan yang keduanya harus berimbang.

Pengetahuan dan kemampuan yang saya dapatkan dalam mata kuliah ini antara lain seperti: teknik dasar menulis dalam platform digital (online), strategi SEO dan SEM, menulis email marketing, membuat artikel opini, surat pembaca, merancang poster, iklan video, iklan layanan masyarakat (ILM) dan masih banyak lainnya. 

Memang awalnya terkesan cukup berat dan seolah akan banyak tugas yang diharus dikerjakan. Namun, ketika dijalani semua itu seolah dapat diselesaikan dengan baik. Saya juga kerap berpikir, semua tugas yang ada sangatlah berguna untuk saya ke depannya sebagai calon sarjana ilmu komunikasi. Dengan berakhirnya semester ini, saya pun turut memetik buah manis dari mata kuliah penulisan naskah digital, yaitu mulai tertarik dan giat untuk melakukan hobi baru menulis.

Menulis dalam platform digital yang biasa saya lakukan adalah menggunakan kompasiana. Saya merasa cukup senang menulis di sini karena berbagai kemudahan bisa saya dapatkan di sini. Selain itu, saya juga dapat melihat ribuan tulisan orang lain yang mana memacu saya untuk selalu memberikan yang terbaik. Walau memang saat ini saya masih dalam taraf belajar, namun saya tetap berusaha dan semangat dalam melakukannya.

Pembelajaran mengenai menulis di platform ini juga dapat saya ambil dari orang lain. Alasannya terletak pada tulisan kita yang sifatnya dipublikasikan pada media umum, sehingga dapat diakses oleh seluruh orang yang berselancar di internet. Grafik atau total pembaca juga dapat dengan mudah kita amati di setiap tulisan. 

Bahkan tak hanya itu, semua orang yang membaca juga dapat memberikan like ataupun komentar di setiap artikel kita. Dari situ kita dapat belajar menulis semakin baik. Untuk mata kuliah ini, saya sudah berhasil mengumpulkan 6 portofolio tulisan yang sudah terunggah di kompasiana dengan total viewers 451. 

Angka tersebut bagi saya masih sangatlah kecil, namun inilah yang saya namakan sebagai proses pembelajaran. Saya sangat mengapresiasi itu sebagai langkah kecil perjalanan saya ke depan. Dari 6 artikel yang ada, terdapat 2 di antaranya yang mendapatkan label "pilihan". Meskipun begitu, saya masih belum puas dan akan terus belajar untuk lebih baik lagi. Selain artikel di kompasiana, ada juga 2 artikel lainnya yang sudah saya kirimkan ke surat kabar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun