Humaniora

Mahasiswa Seharusnya Jadi Paskibra Nasional

12 Januari 2018   19:09 Diperbarui: 12 Januari 2018   19:14 318 0 0

Selamat pagi/siang/sore/malam, sekarang saya menyapa pembaca. Bertahun-tahun saya melihat upacara kenaikan bendera 17 Agustus di TV, saya melihat kemegahan dan kekhidmatan upacara HUT RI di Istana Negara yang dihadiri Presiden dan para pejabat negara penting. Saya pun suka melihat petugas paskibra bekerja selama upacara HUT RI.

Paskibra yang disebut Pasukan Pengibar Bendera terdiri dari remaja terbaik di seluruh Indonesia. Mereka mendapat kehormatan khusus karena mereka bisa bertugas di upacara resmi kenegaraan. Sebuah kebanggan sekali seumur hidup yang tak bisa dilupakan dan juga mereka pun disaksikan oleh masyarakat dari seluruh Indonesia, melebihi selebriti papan atas sekalipun, karena mereka berhak tampil sebagai pengisi acara utama di upacara resmi kenegaraan.

Namun sayangnya, peserta paskibra hanya terdiri dari pelajar SMA(saat seleksi kelas X dan saat bertugas kelas XI), dan bagi saya mahasiswa harus ditugaskan jadi pasukan paskibra di tingkat nasional,provinsi,dan kabupaten/kota, karena mahasiswa merupakan generasi muda, dan tahap pendidikan S1 adalah tahap pendidikan super penting, dan bagi saya mahasiswa selayaknya jadi petugas paskibra nasional, untuk mengisi acara sekaligus membawa nama harum bagi kampus dan fakultasnya masing-masing. Bagi saya seharusnya syarat paskibra adalah:

-Saat seleksi siswa/mahasiswa harus kelas X,XI,mahasiswa D3 dan S1 tahun pertama, kedua,atau ketiga(S1 saja),dan saat bertugas pelajar/mahasiswa harus bertingkat XI,XII,mahasiswa D3 tahun ke 2 dan 3,S1 tahun kedua,ketiga,dan keempat.

-Saat bertugas harus berusia antara 15-21 tahun.

-Belum menikah.

Selain itu bagi saya mahasiswa seharusnya jadi paskibra nasional karena dengan adanya UKM paskibra di kampus tertentu,mahasiswa dapat menyalurkan niat dan bakatnya sampai ke tingkat yang tertinggi, dan juga bagi yang saat SMA yang belum kesampaian jadi paskibra nasional, saat sudah menjadi mahasiswa boleh merasakan menjadi anggota paskibra nasional.

Sekian ulasan dari saya, mohon maaf kalau ada kesalahan atau kata-kata yang kurang berkenan.

Terima Kasih.