Mohon tunggu...
Nicholas Bunkharisma
Nicholas Bunkharisma Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Menulis berdasarkan ide, pandangan, fakta, dan kerelaan hati.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Memilih Ukuran Pesawat Berdasarkan Kebutuhannya

18 Agustus 2022   14:55 Diperbarui: 18 Agustus 2022   15:01 110 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Wikipedia

Setiap maskapai penerbangan pasti memiliki alasan tersendiri dalam memilih jenis/ukuran pesawat yang mereka gunakan. Namun, apa saja hal-hal dasar yang harus diperhatikan dalam memilih jenis/ukuran pesawat? Umumnya, sebelum menentukan jenis pesawat yang akan digunakan, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh setiap maskapai penerbangan, seperti kondisi keuangan perusahaan, rute penerbangan, jadwal penerbangan, dan tarif tiket penerbangan. Selain itu, terdapat 3 parameter yang dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih jenis pesawat, seperti menghitung perkiraan biaya operasional pesawat baik langsung maupun tidak langsung, pembiayaan airline, serta kecenderungan masyarakat dalam membeli tiket penerbangan (Didik Prihananto, 2007). 

Selanjutnya, komponen atau fasilitas sebuah bandara menjadi faktor yang menentukan apakah pesawat dapat landing/takeoff tanpa adanya gangguan. Hal ini dikarenakan pemilihan pesawat harus disesuaikan dengan komponen bandara asal/tujuan seperti, panjang dan lebar runway, lebar taxiway, luas area parkir pesawat/Apron, luas terminal bandara, dll.

Perlu diketahui, terdapat 2 ukuran pesawat komersial yang umumnya digunakan oleh maskapai penerbangan di seluruh dunia yakni pesawat berbadan lebar (wide body) dan berbadan kecil (narrow body). 

Penggunaan pesawat berbadan lebar dan kecil biasanya harus disesuaikan berdasarkan kebutuhan penerbangan. Pesawat berbadan lebar (wide body) umumnya digunakan untuk kepentingan penerbangan luar negeri (internasional), penerbangan rute jarak jauh, penerbangan menuju destinasi wisata internasional (Bali, Maldives, Hawaii, dll), serta penerbangan dengan volume penumpang yang tinggi (keberangkatan calon jemaah haji, dll). Sedangkan, pesawat berbadan kecil (narrow body) umumnya digunakan untuk kepentingan penerbangan dalam negeri (domestik) dan penerbangan dengan volume penumpang yang tidak terlalu tinggi. Namun, pesawat berbadan kecil (narrow body) tidak menutup kemungkinan untuk digunakan dalam penerbangan internasional/rute jarak jauh. Beberapa jenis pesawat berbadan kecil (narrow body) yang umum digunakan untuk penerbangan internasional/rute jarak jauh adalah Boeing 737, Boeing 767, dan Airbus A321.

Referensi:

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan