Mohon tunggu...
Hani Debyyana
Hani Debyyana Mohon Tunggu... Guru - Menulis itu perlu persiapan otak, otot, kuota, buku dan berbagai camilan

Hobi menulis, membuat kerajinan tangan, baca - baca, dan nonton film

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Membangun Usaha Laundry

1 Januari 2022   12:42 Diperbarui: 1 Januari 2022   12:48 852
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar nota laundry. Dok. Pribadi

Zaman sekarang orang -- orang terlalu sibuk dengan aktivitasnya seperti bekerja, kuliah, sekolah, dan sebagainya, sehingga mereka tidak punya waktu lagi untuk mencuci baju yang kotor. Untuk inilah usaha laundry sangat potensial untuk dibangun.


Banyak usaha laundry yang sudah memiliki nama besar bahkan memiliki cabang dimana -- mana. Bahkan jasa yang ditawarkan tidak hanya mencuci baju tetapi juga mencuci boneka, gorden, bantal, tas, sepatu dan sebagainya. Fasilitasnya sangat beragam dengan menawarkan harga murah, diskon atau antar jemput ke rumah pelanggan.

Apakah Anda ingin juga menekuni bisnis laundry? Bisnis ini boleh dibilang bisnis yang bisa tahan lama dan awet, karena karena pakaian merupakan salah satu pokok kebutuhan manusia dan manusia selalu beraktivitas sehingga mereka membutuhkan banyak baju. 

Sebelum Anda memulai bisnis laundry ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:


1.Pengetahuan aneka jenis kain
Pengetahuan ini penting karena baju terbuat dari kain yang berbeda -- beda. Antara satu kain dengan kain lainnya memiliki cara khusus dalam merawatnya. Tidak semua kain dapat begitu saja dimasukan kedalam mesin cuci lalu digiling bersama baju yang lain. hal ini akan menyebabkan pakaian menjadi rusak.
Mengenal serat -- serat kain sangat penting bagi pemilik usaha laundry agar tidak terkena complain dari pelanggan karena merusak pakaian mereka. Serat kain ada yang diperoleh dari alam ada juga yang dari sintetis (buatan).  Serat bahan pakaian yang diperoleh dari alam terbagi dua yaitu dari nabati (kapas, linen,n dsb) dan hewan (wol, sutra, cashmere, dsb). Serat buatan/tiruan (rayon), serat sintetis (spandex, acrylic, dsb).
Pakaian yang terbuat dari serat nabati umumnya tahan dicuci dengan detergen  berbahan keras tidak demikian dengan pakaian yang terbuat dari bahan sintetis maupun hewani.


2. Mengenal symbol laundry
Symbol yang kerap berada pada pakaian. Symbol ini berisi petunjuk cara merawat pakaian. Hal ini penting agar tidak salah merawat pakaian konsumen.


3.Mesin cuci. Usaha laundry biasanya menggunakan mesin cuci khusus untuk laundry yaitu mesin cuci front loading (mesin cuci dengan letak pintu dibagian depan).


Persiapan awal
Untuk memulai sebuah usaha Anda harus memiliki perencanaan terlebih dahulu. Persiapan matang seperti perencanaan operasional dan pemasaran penting dilakukan. Hal -- hal yang harus dilakukan dalam membuat perencanaan usaha adalah:
-Modal (berapa uang yang harus disiapkan)
-Modal kerja (peralatan dan perlengkapan)
-Sumber dana usaha
-Survey lokasi (lokasi yang strategis)
-Survey pesaing (keunggulan dan kelemahan mereka serta peluang yang bisa Anda jadikan sebagai salah satu kelebihan bisnis Anda)
-Biaya operasional setiap bulan
-Karyawan yang akan dipekerjakan dan langkah -- langkah untuk mendidik keterampilannya
-Target kerja yang harus dihasilkan setiap hari dan setiap bulan demi memperoleh penghasilan dari bisnis Anda
-Perhitungan penerimaan yang masih bisa Anda peroleh pada tingkat risiko terburuk (bila usaha sepi dan tidak banyak konsumen yang datang) apakah tingkat penerimaan tersebut masih bisa digunakan untuk menutupi biaya operasional harian dan bulanan
-Tingkat penerimaan perbulan (tetapkan target penghasilan perbulan yang disesuaikan dengan kapasitas kemampuan Anda)
-Strategi pemasaran untuk meraih konsumen yang lebih luas
Pemasaran merupakan proses penyampaian barang dan jasa yang diinginkan pelanggan dan meliputi kegiatan yang berkaitan dengan usaha untuk mendapatkan serta mempertahankan pelanggan. Rahasia keberhasilan pemasaran terletak pada kemampuan untuk memahami permintaan, kebutuhan dan keinginan pelanggan sebelum perusahaan pesaing melakukannya. Aktivitas pemasaran harus memberikan layanan, kenyamanan dan nilai bagi pelanggan agar pelanggan mau kembali lagi untuk membeli.
Rencana pemasaran harus meliputi empat hal:
1.Menetapkan pasar sasaran khusus yang akan dilayani perusahaan
2.Menentukan kebutuhan dan keinginan pasar melalui riset pasar
3.Menganalisis keunggulan kompetitif perusahaan dan menyusun strategi pemasaran gerilya sesuai dengan keunggulan tersebut
4.Menciptakan bauran pemasaran yang memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan.


tips menjalankan usaha laundry agar lancar
1.Memberikan pelayanan terbaik
Selalu layani pelanggan dengan ramah, sopan dan wajar. Jangan pernah menunjukan muka masam atau menanyakan keperluan pelanggan sambil membelakanginya. Berikan layanan yang sama pada semua pelanggan tanpa membeda -- bedakan penampilannya. Dengarkan dengan baik apa yang mereka inginkan sehubungan dengan penanganan pakaian mereka. Catat segala sesuatu yang berhubungan dengan pakaian pelanggan bila mereka menyebutkan pakaian mereka membutuhkan pemisahan karena mudah luntur atau mudah susut.
Bila Anda memiliki alternatif paket jasa laundry, tawarkan dan sarankan pada pelanggan. Informasikan juga paket jasa terbaru yang Anda sediakan, lengkap beserta informasi biaya dan jasanya. Berikan kartu nama usaha jasa laundry Anda pada pelanggan baru, agar mereka selalu ingat akan keberadaan jasa usaha laundry yang Anda kelola.


2.Menanggapi keluhan pelanggan
Berikan tanggapan secepatnya pada setiap keluhan pelanggan agar ia merasa dihargai, sehingga ia akan tetap menggunakan jasa laundry Anda. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam hubungannya dengan keluhan pelanggan adalah:
a.Jadilah pendengar yang baik. dengarkan keluhan pelanggan dengan penuh perhatian dan pengertian. Berusahalah berempati dan menempatkan diri kita pada posisinya sebagai pelanggan


b.Meminta maaf. Tidak terlalu penting apakah pelanggan tersebut benar atau tidak, segeralah meminta maaf dan usahakan segera memperbaiki situasi tersebut agar pelanggan merasa dirinya dihargai dan diperhatikan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun