Mohon tunggu...
Hani Debyyana
Hani Debyyana Mohon Tunggu... Menulis itu perlu persiapan otak, otot, kuota, buku dan berbagai camilan

Hobi menulis, membuat kerajinan tangan, baca - baca, dan nonton film

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Rujak Jambu yang Sedang Trending

20 April 2021   08:37 Diperbarui: 20 April 2021   08:47 69 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rujak Jambu yang Sedang Trending
Jambu kristal sumber dokumentasi pribadi

Ketika musim buah tiba, banyak orang berkreasi dengan buah-buahan yang sedang panen saat itu. Seperti musim mangga banyak orang berjualan jus mangga dengan sentuhan kekinian. Mereka berada dimana-mana, pinggir jalan, lapangan, depan ruko, atau tempat-tempat kosong, pasti ada orang yang berjualan jus mangga. Namun setelah musim mangga berakhir, maka berakhir pula euforia jus mangga, orang yang berjualan jus mangga jadi sepi, gerobak atau rombong mereka ditelantarkan begitu saja di pinggir ruko. 

Sekarang ini ada musim jambu. Jambu kristal namanya. Jambu kristal (psidium guajava) ini merupakan jenis lain dari jambu biji yang sudah dikenal. Buah ini merupakan mutasi dari jambu Muangthai Pak yang ditemukan pada 1991 di District Kao Shiung, Taiwan, dan diperkenalkan di Indonesia oleh Misi Teknik Taiwan.(hello sehat-red). 

Jambu ini bentuknya besar, kulitnya hijau muda, daging buah berwarna putih dan bijinya sedikit. Lebih sedikit dari jambu biji yang sudah dikenal di Indonesia. Rasanya renyah dan manis. 

Sebenarnya jambu ini sudah lama dikenal, namun di Banjarmasin sepertinya baru trending antara satu atau dua tahun ini. Jambu kristal di Kalimantan Selatan ini di budidayakan salah satunya di agrowisata Pelaihari. Di perkebunan itu banyak ditanami buah seperti buah naga, sawit, ubi dan sebagainya. Karena tempat asalnya itulah jambu kristal ini di sebut jambu kristal Pelaihari. 

Gambar

Rujak jambu kristal sumber dokumentasi pribadi
Rujak jambu kristal sumber dokumentasi pribadi
Musim jambu kristal ini banyak pedagang yang mengkreasikan buah tersebut menjadi rujak. Mengapa jambu kristal ini dirujak? Mungkin karena banyak orang yang menyukai rujak. Ketika hari panas atau sebagai camilan disore hari, lebih segar kalau makan rujak. 

Jadi, dibeberapa tempat tertentu banyak orang berjualan rujak jambu kristal. Rujak ini tidak ada bedanya dengan rujak buah pada umumnya, bumbu kacang nya sama dengan rujak buah pada umumnya, ada bumbu garam pedas yang pasti menambah kenikmatan menyantap rujak. 

Hanya Rp. 10.000 perporsi, kita sudah dapat menikmati rujak buah kristal ini. Rasanya manis, renyah dan segar. Bumbunya bisa memilih mau yang pedas atau yang manis. 

Jambu kristal adalah buah yang dapat berbuah sepanjang tahun, jadi semoga saja rujak jambu kristal ini selalu tersedia setiap hari jadi tidak harus menunggu musimnya untuk menikmati segarnya rujak jambu kristal. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x