Mohon tunggu...
Agnia Melianasari
Agnia Melianasari Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta || NIM: 20107030020

-Writer -Speaker -Young Entrepreneur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Sekadar Sekolah atau Kuliah? Jangan Salahkan Jika Suksesnya Juga "Sekadar"

4 Maret 2021   23:14 Diperbarui: 10 Maret 2021   12:18 181 10 3 Mohon Tunggu...

Buat apa sih sekolah??

Buat apa mahal-mahal kuliah???  Ujung-ujungya juga sama kan, cari kerja?

Di jaman yang semakin maju ini, masih ada saja orang yang bertanya atau berpikiran seperti itu. Iyaa, memang pada akhirnya kita semua akan bekerja untuk mencari uang. Namun jika saat ini masih ada orang yang menyepelekan pendidikan, itu salah besar.

Sebelum membahas lebih jauh tentang betapa pentingnya pendidikan untuk masa depan saya ingin bertanya terlebih dahulu. Tak sadar kah?  Di luar sana masih banyak orang yang ingin sekali merasakan bangku sekolah. Tapi mengapa masih ada saja orang yang jelas mampu untuk merasakan bahkan dapat mengenyam pendidikan yang tinggi, mereka menyepelekannya dan hanya 'sekadar' sekolah saja. 

Seakan-akan sekolah ataupun kuliah hanyalah formalitas semata. Yang penting 'pernah' sekolah, yang penting 'masuk' dan 'lulus' kuliah. Padahal, dibalik itu semua  banyak sekali pengalaman berharga juga peluang yang seharusnya dicoba. Ya, agar kamu tak sekadar sekolah. Agar kamu tak sekadar kuliah, agar kesuksesanmu kelak juga tak hanya 'sekadar' sukses.

Jika diilustrasikan, kesuksesan ibarat sebuah puncak ketinggian. Dan untuk mencapai puncak tersebut, kita harus mendaki atau melewati banyak anak tangga. Dan pendidikan (sekolah) adalah tangganya.  Tanpa melewati tangga tersebut, kita tidak akan pernah bisa berada di puncak kesuksesan.

Pernah suatu ketika, saya bertanya kepada seorang pedagang kaki lima yang sudah sepuh, "Pak, bapak kan sudah sepuh, kenapa masih bekerja seperti ini?" tanya saya dengan nada sopan. "Ya gapapa neng, kalo gak dagang mau dapet uang dari mana?  Bapak cuma lulusan SD, gak punya pengalaman atau kemampuan yang lebih. Makannya kamu sekolah yang bener ya, jangan hanya sekedar sekolah." 

Dari situ saya berpikir, betapa pentingnya pendidikan. Saya juga bersyukur karena bisa merasakan bangku sekolah.  Jika jawaban pedagang tadi dipikirkan kembali, ada benarnya juga. Bisa jadi, jika dulu beliau sekolah sampai SMA, mungkin sekarang ia bisa mendapatkan pekerjaan  yang lebih layak untuk menunjang kebutuhan ekonominya. Atau... Andai si bapak mempunyai keahlian yang lain, mungkin juga dia bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari sekedar menjadi pedangang kaki lima.

Untuk itu, kali ini saya akan mengulas mengenai  5 langkah sukses, agar kamu tak sekadar sekolah/kuliah.

1. Kenali Diri Sendiri

Mengapa kita harus mengenal diri sendiri??
Salah satu riwayat menuturkan, "Man 'arofa nafsahu faqod 'arofa Robbahu, Barang siapa yang mengenal dirinya maka akan mengenal Tuhannya."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN