Mohon tunggu...
Siti Kurniati
Siti Kurniati Mohon Tunggu... Guru - Pembelajar

menulis, merupakan generasi qurani

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Satukan Cita Beragam Karya

14 September 2022   23:11 Diperbarui: 14 September 2022   23:15 187 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan pada zamanmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian.

Ali bin Abi Thalib

Pada Senin, 12 September yang baru lalu, Keluarga Besar SMAN 1 Padalarang menyelenggarakan peringatan Dies Natalis ke-55 dan Panen Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bagi kelas X yang menerapkan Kurikulum Merdeka. Acara yang bertajuk "Satukan Cita Beragam Karya" ini dilaksanakan di Lapangan Upacara dan beberapa ruang kelas yang dijadikan tempat pameran (P5) siswa. Di bawah komando para Wakasek, panitia, serta dukungan keluarga besar sekolah, berbagai persiapan demi kelancaran dan kesuksesan acara ini dikoordinasi dengan rapi dan apik.

Acara akbar yang digelar pascapandemi Covid-19 ini tentu saja disambut antusias oleh warga sekolah, terutama para siswa. Mereka saling membahu untuk menjadikan acara ini sukses. Dan panitia pun telah mengemas acara ini sedemikian rupa serta protokol kesehatan masih tetap diberlakukan.

Bidang Seremonial

Acara yang diawali oleh penampilan para anggota esktrakurikuler Passerang, menyuguhkan tarian mapag tamu para undangan dan keluarga besar SMAN 1 Padalarang. Alhamdulillah, tamu yang berkenan hadir pada acara ini adalah Kepala Kantor Cabang Dinas Wilayah VI, Endang Susilastuti dan yang mewakilinya, Plt Kepala SMAN 1 Padalarang, Agus Saeful Muhram, Pengawas Pembina SMA, Sri Rahayuningsih, Ketua Komite Sekolah, M. Hasan R Husen beserta Dewan Pengurus, para Ketua Forum Orang Tua Siswa Kelas, Ketua Ikatan Alumni (IKA), Muhammad Kartiwa beserta pengurus, mantan Kepala SMAN  Padalarang 2022/2023, Asep Yayat Ruhiyat Supriatna. Pada sesi ini, Fikri dan Alifia bertindak sebagai pemandu acara. Kemudian, acara dilanjukan dengan tilawah dan terjemahannya oleh Siti Nazar dan Azhar serta diakhiri pembacaan doa oleh Inggis Gian Kardani.

Lalu, Ketua Pelaksana kegiatan ini, Elis Tinewati, menyampaikan laporang pertanggungjawaban serta harapanya terhadap kegiatan ini: "Semoga kegiatan ini dapat menjadi penyemangat bagi para guru dalam menjalankan fungsi pendidikan dan memberikan ruang seluas-luasnya kepada para siswa untuk tumbuh dan berkembang menemukan cara dan potensi terbaiknya yang sudah ada dalam diri mereka. Sehingga mereka bisa berkembang dengan baik berdasarkan pengalaman-pengalaman yang dilewatinya. Harapan lainnya ke depan adalah sekolah ini  menjadi sekolah unggulan yang akan terus memberikan  yang terbaik melalui baragam karya yang kreatif, inovatif, dan bermanfaat bagi siapa pun."

Sambutan kedua disampaikan oleh Ketua Komite Sekolah, M. Hasan R Husen. Beliau menyampaikan bahwa bila sekolah telah sampai pada usia 55 tahun, usia yang matang untuk mengupgrading  perkembangan dan kemajuan sekolah. "Dengan usia sekolah yang sudah sampai pada 55 ini, sekolah diharapkan akan terus mencetak generasi tangguh, siswa bersyukur ada di sini, manfaatkan belajar dengan seefektif mungkin, karena sekolah merupakan lembaga normatif yang melahirkan pribadi-pribadi unggul yang selalu bangga pada keberadaan sekolah ini."

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa hasil belajar siswa kelas X melalui kegiatan proyek ini diekspos oleh sekolah dan tercerminlah sebuah sinergitas keluarga besar sekolah ini dengan pihak orang tua siswa. Harapan lainnya adalah sekolah ini menjadi salah satu sekolah terunggul di Jawa Barat. Aamiin.

Sambutan terakhir disampaikan  oleh Plt Kepala SMAN 1 Padalarang, Agus Saeful Muhram. Beliau menyampaikan hal senada dengan Ketua Komite Sekolah, bahwa usia 55 tahun adalah usia yang matang, momentum untuk terus memacu diri lebih maju. Dan beliau pun menyampaikan sebuah filosopi KOPI.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan