Regional

"Career Day SAVAL 2018"

14 Maret 2018   22:46 Diperbarui: 14 Maret 2018   23:00 770 1 1
"Career Day SAVAL 2018"
Dokumentasi Pribadi

"Career Day" SMA N 1 Padalarang atau "SAVAL" 2018 merupakan program rutin tahunan yang diselenggarakan oleh pihak SAVAL dan didukung oleh Forum Alumni Peduli Pendidikan (FAPP). Kegiatan ini pun diselenggarakan  sebagai wujud _"kanyaah dan kaasih"_ SAVAL pada anak didiknya serta _"bakti dan peduli"_  para alumni pada SAVAL dan adik-adik kelasnya.

Dengan bimbingan Kepala Sekolah, para Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) yang diwakili serta dikomandoi oleh Wakasek Kurikukum, Yulita Suryati dan Wakasek Humas, Wiwik Wachjoeni,  seluruh guru SAVAL, serta para  alumni, kegiatan ini berlangsung pada Sabtu, 10 Maret 2018. Tema kali ini adalah "Moving Forward in Balance and Harmony" yang bermakna "Maju Bersama dalam Keseimbangan dan Keselarasan".

Kegiatan ini memiliki tujuan utama, yakni  memberikan informasi  tentang perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ada di Indonesia, khususnya di Jawa Barat. Selain itu, informasi tentang perusahaan-perusahaan pun disertakan di dalamnya. Karena banyak pula para alumni yang telah bekerja di perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah Padalarang, Cimahi, Bandung, beberapa kota lainnya.

Selain tujuan utama di atas, ada pula tujuan tambahan, yaitu tentang sosialisasi dari beberapa perguruan tinggi dan berbagi pengalaman dari alumni kepada adik-adik kelasnya.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi positif dari seluruh siswa, khususnya siswa kelas 12. Hal itu terlihat dari animo dan antusias mereka saat Wakasek Humas mengumumkan jadwal pelaksanaan "Career Day" ini.

Tepat pukul 07.00 WIB, acara dimulai yang dipandu oleh Yoga Sestian, alumni angkatan 2017 yang saat ini tercatat sebagai mahasiswa semester 2 Fakultas Hukum UNPAR Bandung. Yoga didampingi oleh Restu Rahayu, alumni angkatan 2017 dan saat ini berkuliah di STKS Bandung semester 2.

Kegiatan ini dibagi ke dalam beberapa sesi. Sesi pertama disambut oleh penampilan tim angklung kebanggaan SAVAL _"Tapana Ungkla"_  pimpinan M. Reiza, alumni angkatan 2000 yang mempersembahkan dua buah lagu "Bulan Priangannya Rita Tila dan Panah Asmaranya Afgan".

Selesai tim angklung tampil,  acara dilanjutkan dengan sesi kedua yang berisi beberapa sambutan. Sambutan pertama dari Ketua Pelaksana Career Day 2018, Azzahra Raudya. Azzahra ini merupakan alumni angkatan 2016 dan saat ini masih duduk di semester 4 Teknik Sipil UPI. Dia memotivasi adik-adik kelasnya untuk jangan berhenti bermimpi untuk meraih cita-cita dan masa depan serta  bagaimana mewujudkan mimpi itu menjadi sebuah kenyataan. Menurutnya, "Career Day" merupakan ajang saling memotivasi antar-warga SAVAL demi mewujudkan sebuah cita-cita yang mulia.

Kemudian, sambutan yang kedua, disampaikan oleh Ketua IKA SAVAL periode 2017-2022, M. Dartiwa. _Kang Iwok_, begitu beliau disapa, pun merupakan alumni angkatan 1990. Dia pun sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dan, dia berpesan kepada adik-adik kelasnya untuk jangan lelah berikhtiar dan yang utama adalah memohon restu dari orang tua, guru, serta selalu bermunajat pada Sang Khalik.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Kepala SMA N 1 Padalarang, Engkus Kusnadi, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menitip pesan kepada seluruh siswa, khususnya kelas 12  untuk selalu meningkatkan belajarnya dalam menghadapi Ujian Nasional yang akan dilaksanakan pada April mendatang.

Juga kepada para alumni, baik yang masih kuliah atau pun telah menjadi seorang karyawan sebuah perusahaan, beliau berpesan untuk selalu mengasah segala potensi yang dimilikinya agar tumbuh menjadi manusia Indonesia yang bermanfaat bagi agama, sesama, keluarga, bangsa dan negara Indonesia tercinta ini.

Pesan terakhir dari beliau dalam sambutannya,  "Berusahalah semaksimal mungkin dalam menuntut ilmu agar memperoleh hasil yang maksimal pula serta beribadah kepada Sang Khalik jangan pernah ditinggalkan saat di mana pun berada".

Sambutan terakhir Kepala SMA N 1 Padalarang dilanjutkan dengan peresmian dan dimulainya kegiatan ini.

Pada sesi ketiga, pembawa acara mengumumkan beberapa perguruan tinggi yang telah hadir dalam kegiatan ini. Lebih dari 20 perguruan tinggi yang ada di Bandung, Cimahi,  Padalarang, bahkan dari Jatinangor Sumedang dan Bogor turut andil dalam perhelatan akbar ini.

Perguruan tinggi yang turut berpartipasi dalam kegiatan ini,  antara lain ITB, Unpad, UPI, IPB, UIN Sunan Gunung Jati, Universitas Terbuka,  Poltekkes Bandung, Politeknik Negeri Bandung, STKS, Unpar, Unpas, Unisba, Itenas,  Maranatha, Unjani, UNIBI, LP Aryanti, LPTK Panghegar, beberapa Sekolah Tinggi, dan beberapa Akademi mengikuti kegiatan ini. Ada yang hadir bersama dosennya, ada pula para alumni yang masih berstatus mahasiwa hadir bersama teman-teman mahasiwanya.

Pada sesi tiga ini, seluruh siswa kelas 12 dibagi ke dalam 2 kelompok. Kelompok A terdiri atas siswa kelas 12 MIPA 1-8 dan kelompok B terdiri atas kelas 12 MIPA 9-IPS 4. Mereka memasuki ruangan masing-masing untuk mengikuti pengarahan seputar informasi perguruan tinggi atau berbagi pengalaman dari para dosen atau para mahasiswa.

Setelah selesai menerima pengarahan atau pun berbagi pengalaman, seluruh siswa kelas 12 diajak untuk mengikuti sesi keempat yaitu _"Campus Expo"_ dari satu kampus ke kampus yang lain (stan-stan) - dari satu stan ke stan yang telah disediakan di lapangan upacara. Di sinilah para alumni menginformasikan program studi yang mereka sendiri tercatat sebagai mahasiswa di kampusnya.

Pemandangan yang menarik terjadi di sesi keempat ini. Ternyata, para pengunjung stan ini bukan saja dari siswa kelas 12. Melainkan siswa kelas 10 dan 11 pun yang kebetulan sedang waktunya rehat dari aktivitas KBM, berbaur menjadi satu untuk memperoleh informasi kampus yang mereka minati sebagai bekal di masa depan.

Animo yang tinggi dan antusiasme tercermin dari wajah-wajah mereka. Baik yang menjelaskan maupun yang haus akan ilmu pengetahuan.

Dalam kegiatan ini juga hadir beberapa alumni yang telah menjadi seorang prajurit TNI Angkatan Darat dan Kepolisian. Mereka pun tak luput diwawancarai oleh para adik kelasnya.

Seorang siswi yang bernama Tika, dari kelas 12 MIPA 5, memiliki minat untuk menjadi seorang anggota Korps Wanita Angkatan Darat. Tika memperoleh informasi seputar persiapan apa saja yang harus dilakukan sebagai bekal menjadi seorang Kowad. Selain kelengkapan administrasi, calon prajurit pun harus memiliki kesiapan mental, jiwa, dan raga yang mumpuni. Apalagi ditunjang dengan sebuah _"skill"_ atau _"kabisa"_. Hal itu akan menambah nilai plus bagi calon prajurit.

Dan, animo untuk menjadi seorang pengayom masyarakat pun (Polisi) sungguh menarik minat mereka. Salah satunya , Salman siswa kelas 12 MIPA 7 yang telah lolos dalam seleksi Pembinaan dan Latihan Kepolisian Republik Indonesia yang diselenggarakan oleh Kepolisian Resort Cibabat pada Februari yang lalu.

Sekadar info, beberapa alumni SAVAL banyak yang telah menjadi abdi negara, dan mereka saat ini telah bertugas di beberapa wilayah di Indonesia.

Sementara Ihsan, siswa kelas 12 IPS 2, menanyakan prospek kerja setelah lulus dari sebuah program studi yang diminatinya pada stan Unpad dan UPI.

Memasuki sesi kelima, setelah Shalat Dzuhur, istirahat, dan mengisi perut, pembawa acara, Yogi dan Restu mengajak seluruh warga SAVAL untuk menikmati sajian hiburan yang ditampilkan oleh para siswa yang memiliki bakat dalam bermusik. Para peserta "Career Day", guru, alumni, dan seluruh siswa SAVAL bersatu padu mengakhiri kegiatan ini.

Tepat pukul 14.30 kegiatan pun berakhir. SAVAL, FAPP, dan seluruh siswa saling mendoakan untuk kesuksesan SAVAL, seluruh siswa, khususnya siswa kelas 12 yang dalam hitungan waktu akan segera menuntaskan pendidikannya di SMA N 1 Padalarang tercinta ini.

Semoga kelak, mereka tumbuh dan berkembang menjadi siswa yang shaleh dan memiliki karakter yang tangguh untuk memajukan bangsa ini. 

Wallaahu alam bishshawwab.

Baloper, 14 Maret 2018