Mohon tunggu...
Nia Maharani
Nia Maharani Mohon Tunggu... nia

nia

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Pentingnya Menanamkan Jiwa Wirausaha Sejak Dini kepada Anak-anak

14 Agustus 2020   12:32 Diperbarui: 14 Agustus 2020   13:15 50 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Menanamkan Jiwa Wirausaha Sejak Dini kepada Anak-anak
dok. pribadi

Grobogan(14/08/2020). KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Ditahun 2020 ini KKNnya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Yang biasanya dilakukan secara berkelompok dan lokasinya ditentukan oleh pihak kampus.

Kini KKN dilakukan secara mandiri di desa /domisili masing-masing hal ini dilakukan karena adanya pembatasan sosial agar mahasiswa yang KKN dan masyarakat tidak melakukan aktivitas yang menjadikan berkerumun. 

Saya Nia Maharani (21) sebagai salah satu mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI) dari Program Studi Manajemen akan melaksanakan KKN "BALI NDESO" CEGAH COVID-19. Dimulai dari 23 Juli-31 Agustus 2020.

Kegiatan dilakukan selama 40 hari. Dan berlokasi di Desa Gading RT 05 RW 18 Kelurahan Kuripan, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Dan kegiatan ini dilaksanakan dibawah bimbingan dosen pembimbing lapangan (DPL) Daryono, S.Pd. M.kom.

Dalam KKN ini mahasiswa diharapkan melakukan kegiatan KKN mandiri ini sesuai dengan protokol kesehatan apabila sedang melakukan kegiatan dengan masyarakat guna mencegah penularan penyebaran covid-19. 

Selain itu program kegiatan yang saya ambil adalah pentingnya menanamkan jiwa wirausaha sejak dini kepada anak-anak. Tujuannya agar anak-anak bisa belajar berbisnis sejak dini untuk melatih kemandirian dan mengandalkan kreatifitasnya dan menjadikan anak-anak menjadi pribadi yang kreatif

Anak-anak umumnya belum memiliki pemikiran untuk bercita-cita menjadi seorang wirausaha. Biasanya hanya sedikit anak-anak yang berpandangan membuka dunia usaha dan bekerja untuk dirinya sendiri.

Dengan saya melakukan sosialisasi pentingnya menanamkan jiwa wirausaha sejak dini untuk anak-anak didesa Gading RT 05 Rw 18, kuripan agar anak-anak memiliki pandangan yang lebih luas untuk menentukan karier sebagai pekerja/pengusaha.

Wirausaha yang dilakukan sejak dini bisa mendapatkan manfaat untuk bekal masa depan. Wirausaha bukan hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa, tetapi juga bisa dilakukan anak-anak harus dengan bimbingan dan dukungan orang dewasa. 

Wirausaha sejak dini juga bisa memberikan kesempatan pada anak-anak untuk berkreatifitas dan berani membuat kreasi dalam berwirausaha kelak ia dewasa nanti.

Jadi kesimpulannya Enterpreneurship bukan hanya terbatas pada kemampuan untuk berbisnis atau berwirausaha tetapi lebih pada karakter yang dimulai dengan membentuk karakter anak sehingga anak lebih mandiri, kreatif, inovatif dan bertanggung jawab.

VIDEO PILIHAN