Mohon tunggu...
Nialuhri Santoso
Nialuhri Santoso Mohon Tunggu... Mahasiswa

Perempuan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

UNS Tetap Laksanakan KKN di Tengah Pandemi Corona

8 Juli 2020   02:48 Diperbarui: 8 Juli 2020   02:42 13 1 0 Mohon Tunggu...

UNS memberlakukan kebijakan baru terkait KKN salah satunya KKN COVID-19. Kegiatan KKN COVID-19 merupakan salah satu kegiatan KKN yang sangat berbeda dengan kegiatan KKN sebelumnya. KKN COVID-19 adalah bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat di tengah-tengah pandemik virus corona yang melanda dunia, termasuk Indonesia. 

Walaupun kegiatan ini dilaksanakan di tengah mewabahnya virus corona, namun UNS memberlakukan sejumlah peraturan dan menghimbau mahasiswa untuk tetap waspada serta melaksanakan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah agar tetap aman dan terhindar dari COVID-1. Jika biasanya kegiatan KKN dilaksankan secara berkelompok di suatu daerah, maka KKN COVID-19 ini dilaksanakan secara mandiri di lingkungan tempat tinggal mahasiswa baik dalam lingkup RT atau desa. 

Langkah ini dipilih untuk menjaga mahasiswa tetap aman sembari melaksanakan KKN dengan  work from home. Kegiatan KKN mulai dilaksankan pada bulan April sampai Juli mendatang, yang dibagi menjadi tiga gelombang, yaitu batch 1, batch 2 dan batch 3. Mahasiswa dapat memilih sejumlah tema seperti, Edukasi, penyusunan sistem informasi, ketahan pangan,  supporting pemahaman COVID, kesehatan masyarakat,  dan ketahan ekonomi masyarakat. 

Salah satu tema yang dipilih Nialuhri, peserta KKN COVID-19 batch 1 adalah supporting pemahaman COVID yang dilaksankan di Desa Singit Karangpandan. Beberapa program dilaksanakan seperti, pembuatan poster seputar COVID-19 dan pempublikasian secara daring, pembuatan tempat cuci tangan, pembagian masker dan handsanitizer, serta pembuatan dan pemasangan MMT seputar COVID-19.

VIDEO PILIHAN