Mohon tunggu...
Nia Kurniawati
Nia Kurniawati Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

1.2.a.8 Koneksi Antar Materi

29 September 2022   20:20 Diperbarui: 29 September 2022   20:26 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Setelah saya mempelajari materi dari modul  1.1 dan 1.2, berikut adalah yang menjadi pembelajaran bagi saya ( Model Refleksi 4P);

1. PERISTIWA (FACT)

Momen yang paling menantang atau mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran modul 1.1 dan 1.2 adalah  konsep "Tergerak,Bergerak dan Menggerakkan".

a. Manusia' tergerak; dalam memahami ini dibahas beberapa hal, misalnya: Kinerja otak (triune brain, berpikir cepat-lambat), Kebutuhan genetis (5 kebutuhan dasar manusia), serta tahap-tahap tumbuh kembang anak.

b. Manusia merdeka 'bergerak'; dengan pembahasan antara lain: memahami teori pilihan, motivasi intrinsik, profil pelajar pancasila, dan nilai-nilai guru penggerak.

c. Menuntun kekuatan kodrat manusia 'menggerakkan'; yang meliputi bahasan tentang diagram identitas gunung es, lingkaran pengaruh, dan peran guru penggerak.

Kita sebagai serang guru harus merasa tergerak untuk melakukan berbagai perubahan kemudian bergerak dalam melakukan tindakan-tindakan perubahan dalam pembelajaran setelah itu mampu menggerakkan manusia lainnya.

Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2 yang saya fahami adalah bahwa antara modul 1.1 dan modul 1.2 ini memiliki hubungan keterkaitan yang sangat erat dan tak terpisahkan. Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2 yang saya fahami adalah bahwa materi modul 1.1 menjadi landasan filosofis, yang akan menjadi dasar atau pondasi bagi seorang guru dalam menjalankan amanahnya untuk memajukan pendidikan di indonesia. Dalam modul 1 juga dibahas tentang Konsep dan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara yaitu;

a. Pendidikan sebagai tuntunan

b. Pendidikan anak harus sesuai dengan Kodrat alam kodrat zaman

c. Pendidik diibaratkan "Petani"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun