Mohon tunggu...
Nia Elpi Rahmawati
Nia Elpi Rahmawati Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa - student of university Mataram

Seorang Mahasiswi universitas Mataram Fakultas Keguruan dan Ilmu pengetahuan Program studi Pendidikan Fisika semester V. Hobi saya membaca novel dan traveling.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Mahasiswa PMM 2 Inbound UPI Mengunjungi Sanggar Seni Saung Angklung Udjo

11 November 2022   14:38 Diperbarui: 11 November 2022   14:47 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Modul Nusantara kali ini terletak di Saung Angklung Udjo berlokasi di Jalan Padasuka 118 Bandung tepat pada tanggal 6 November 2022, kali ini ada 3 kelompok yang ikut dalam kunjungan ke Saung Angklung Udjo. 

Pendiri Saung Angklung Udjo adalah Udjo Ngalagena pada tahun 1966, Beliau memiliki seorang guru yang bernama Daeng Soetigna yang merupakan salah satu pelopor dalam memperkenalkan Angklung pada seluruh delegasi negara pesrta Asia-Afrika.

Selain itu beliau juga menjadikan Angklung sebagai alat untuk menyatukan para pemimpin negara peserta dan mencipatakan perdamaian melalui kerja yang kompak dengan cara memimpin para pimpinan dunia dengan menjadi dirigen permainan angklung

Momen itulah yang menjad pertunjukan Angklung yang pertama kali mendunia dan menorehkan nama Daeng Soetigna yang tak terpisahkan dari Konferensi Asia-Afrika.

Dokpri
Dokpri

Saung Angklung Udjo (SAU) adalah sanggar tempat menampilkan seni tradisional budaya khas Jawa Barat dan sebagai laboratorium belajar. 

Saung angklung ini mampu menarik para wisatawan untuk mengunjungi tempat ini karena kaya akan budaya loka, selain itu keseragaman alam, dan kicauan burung yang mampu menumbuhkan kegembiaraan anak-anak dalam pementasan angklung. 

Pertunjukan yang dipentasakan anak-anak generasi bangsa sangatlah memukau disertai dengan keahlian-keahlian yang berbeda dalam memainkan angklung selain itu ada tarian-tarian dari berbagai macam daerah yang ditampilkan sehingga membuat para penonton tidak cepat bosan karena pertunjukan yang menarik dan kren tersebut.

Keistimewaan dari SAU ini adalah para pengunjung dapat belajar secara langsung bagaimana cara memainakan Angklung yang baik sehingga menghasilkan bunyi yang bagus. 

MC yang bertugas saat itu bernama The Erika dimana beliau mengajarkan dan memandu cara memaikan Angklung yang baik dan benar sehingga menghasilkan lagu yang bagus, pada saat para pengunjung memainkan Anklung mereka bisa merasakan suara Angklung digoyang dengan tangan mereka karena alat musik ini menebar bunyi indah yang khas sekaligus menebarkan kebahagiaan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun