Mohon tunggu...
Nia Adelina BrBangun
Nia Adelina BrBangun Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas palangkaraya

Volly & Bernyanyi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kebijakan Moneter dan Pasar Uang

2 Desember 2022   13:20 Diperbarui: 2 Desember 2022   13:25 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

KEBIJAKAN MONETER 

DAN PASAR UANG

 

Palangkaraya,2 Desember 2022, Kebijakan moneter adalah sebuah kebijakan yang dikeluarkan oleh bank sentral dan pihak pemerintah dalam rangka mengatasi peredaran mata uang secara berlebihan  dan mengatasi jumlah mata uang yang kurang jumlahnya.Tujuan utama dari kebijakan moneter yaitu untuk mengatasi investasi dalam sebuah negara yaitu menjaga dan mengatasi peredaran mata uang asing,serta meningkatkan pertumbuhan dan stabilitas ekonomi dalam suatu Negara dan menjaga antara ketersediaan barang dengan permintaan masyarakat.

Adapun upaya yang telah dilakukan pihak pemerintah maupun pihak Bank sentral untuk kebijakan moneter yaitu :                                                                               

  • Fasilitas diskonto (Discount rate )
  • Rasio cadangan wajib
  • Operasi pasar terbuka

Dalam prakteknya kebijakan moneter mempunyai dua jenis kebijakan yaitu antara lain :

  • Kebijakan moneter ekspansif,kebijakan ini sering disebut kebijakan uang longgar,yang bertugas mengatur pemasokan uang dalam perekonomian.Kebijakan ini untuk mengurangi tingkat pengangguran yang berebihan.
  • Kebijakan moneter kontraktif,yaitu dimana kebijakan tersebut digunakan untuk mengurangi jumlah mata uang yang beredar.adapun tujuan dari kebijakan kontraktif adalah untuk mengatasi terjadinya inflasi.

Selain dari beberapa tujuan diatas kebijakan moneter juga mempunyai tujuan lain yang dapat mengatasi perekonomian suatu negara antara lain :

  • Stabilitas ekonomi,stabilitas ekonomi dimana pemerintah dan bank sentral mampu mengendaikan perekonomian dinegara tersebut.
  • Neraca pembayaran internasional, Neraca pembayaran merupakan keseibangan antara pemasukan barang (impor) dan pengeuaran barang (ekspor).
  • Kestabilan harga,kestabian harga ditandai dengan keadaan harga yang merata dan tidak berubah-ubah setiap saatnya.
  • Kesempatan kerja, Kesempatan kerja akan mengurangi jumlah pengangguran dan dapat menambah pendapatan negara.

Banyak cara yang telah  dilakukan oleh pihak  pemerintah dan Bank sentral indonesia untuk mengendalikan jumlah uang yang beredar salah satunya yakni  dengan menjual (open market selling) surat surat yang beredar atau membeli (open market buying) surat-surat berharga milik pemerintah. Di negara Indonesia sendiri,kebijakan moneter dilakukan dengan cara menjual dan membeli surat-surat  berharga seperti Sertifikat Bank Indonesia,Surat Berharga Pasar Uang  dan Surat Berharga Negara yang kemudian dibagi menjadi Surat Utang Negara yang terdiri dari Surat Perbendaharaan Negara,Obligasi Negara dan Obligasi Negara Surat Berharga Syariah Negara termasuk juga SBSN Ritel.

Selain kebijakan moneter pihak pemerintah dan pihak Bank indonesia juga mengeluarkan instrumen kebijakan moneter yang terdiri dari :

Kredit Langsung yaitu Bank Indonesia memberikan kredit secara langsung kepada sektor, program, proyek, ataupun kegiatan yang sifatnya mendesak dan harus diprioritaskan.

Penetapan Uang Muka Impor dimana para importir diwajibkan membayar sejumlah persentase tertentu sebagai uang muka untuk pembelian valuta asing yang mereka perlukan untuk mengimpor barang dari luar negeri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun