Mohon tunggu...
Nia Aniati
Nia Aniati Mohon Tunggu... Penulis, pendidik, ibu rumah tangga

Mengajari anak-anak adalah tanggung jawabku

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Tips dan Persiapan Jika Banjir Datang

12 Januari 2021   07:49 Diperbarui: 12 Januari 2021   08:01 95 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips dan Persiapan Jika Banjir Datang
Sumber: Kompas.com

Awal tahun ini, kita sudah memasuki musim penghujan. Semoga saja hujan tahun ini tidak ada lagi bencana banjir yang melanda Indonesia. Akan tetapi, kita harus tetap melakukan persiapan sebagai bentuk kewaspadaan. Berikut beberapa tips dan persiapan jika banjir datang.

  • Letakkan Barang Berharga di Tempat Aman

Setiap orang pasti memiliki barang berharga seperti surat-surat atau dokumen-dokumen penting. Untuk mengurangi resiko rusak atau hilang, maka letakanlah barang berharga tersebut di tempat yang aman dan di simpan dalam satu wadah yang kedap air. Apabila tiba-tiba banjir datang, wadah tersebut bisa langsung kita selamatkan jika memang harus meninggalkan rumah.

  • Amankan Saluran Listrik

Jika banjir datang, seharusnya saluran listrik dicabut agar tidak terjadi korsleting. Mengurangi resiko bahaya juga bisa dengan mencabut semua barang-barang elektronik dan meletakkan barang-barang tersebut di tempat yang paling atas sehingga tidak rusak dan terkena air jika banjir datang.

  • Selamatkan Anggota Keluarga

Penyelamatan anggota adalah hal yang paling utama. Jika kita memiliki anggota keluarga yang sudah manula, anak kecil, orang sakit atau cacat, penyelamatan mereka harus lebih diprioritaskan. Upayakan akses untuk menyelamatkan anggota keluarga harus sudah dipersiapkan jika sewaktu-waktui banjir datang dan terpaksa harus mengungsi.

  • Selalu Tanggap Informasi Sekitar

Apapun informasi yang terkini mengenai keadaan sekitar lingkungan, upayakan kita harus selalu update. Pantau terus perubahan-perubahan yang terjadi di sekitar wilayah kita. Pihak aparatur beserta warga dan lembaga sosial biasanya sudah bekerja sama untuk selalu tanggap terhadap bencana. Tetap jaga dan sayangi lingkungan dengan menjaga kebersihan dan selalu disiplin agar terhindar dari bencana banjir.

  • Barang yang Dibawa Saat Banjiir

Apa saja yang harus dibawa saat kita harus mengungsi karena  banjir datang? Barang-barang penting  yang harus dibawa adalah seperti pakaian, alat komunikasi, uang dan barang berharga lainnya. Apapun yang terjadi tetaplah tenang dalam menghadapi bencana. Jaga keluarga dan tetap berkomunikasi serta bekerja sama untuk saling menyelamatkan saat kondisi terburuk terjadi.

Tugas kita adalah selalu disiplin dalam menjaga keamanan dan kebersihan lingkungan. Lakukanlah secara bekerjasama dengan warga sekitar. Hal itu dilakukan untuk mengurangi resiko bencana. Akan tetapi, jika bencana datang tanpa bisa dielakkan, maka beberapa tips dan persiapan di atas bisa kita terapkan. Semoga bermanfaat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x