Mohon tunggu...
Nurhidayanti
Nurhidayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Pamulang

jangan berhenti jadi orang baik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Organisasi

24 Juni 2021   15:09 Diperbarui: 24 Juni 2021   15:14 262
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penulis:

  • Darmawan                   191011200184
  • M. Khairul Sani           191011201014
  • Nurhidayanti               191011201065

Strategi adalah turunan dari bahasa Yunani yaitu Strat gos yang artinya adalah adalah komandan perang dalam jaman tersebut, adapun pada pengertian saat ini strategi adalah rencana rencana jangka panjang dengan diikuti tindakan-tindakan yang ditunjuk untuk mencapai tujuan tertentu yang umumnya adalah keberhasilan. Strategi merupakan penerjemahan dan analisis terhadap kemampuan internal atau kapabilitas organisasi, yang selanjutnya diterjemahkan kedalam struktur organisasi.

Menurut Robbins, (dalam Kusdi, 2009:87). “Pengertian strategi dalam konteks organisasi adalah penetapan berbagai tujuan dan sasaran jangka panjang yang bersifat mendasar bagi sebuah organisasi, yang dilanjutkan dengan penetapan rencana aktivitas dan pengalokasian sumber daya yang diperlukan guna mencapai berbagai sasaran tersebut”.

Strategi disusun dan diimplementasikan untuk mencapai berbagai tujuan yang telah ditetapkan, sekaligus mempertahankan dan memperluas aktivitas organisasi pada bidang-bidang baru dalam rangka merespons lingkungan (misalnya perubahan permintaan, perubahan sumber pasokan, fluktuasi kondisi ekonomi, perkembangan teknologi baru, dan aktivitas-aktivitas para pesaing).

  • Jenis-jenis (tingkatan) strategi yaitu:
  • Strategi korporat (corporate strategy atau corporate-level srtategi). Tujuan dari strategi korporat adalah mengidentifikasi dan mengimplementasikan sinergi di antara bisnis. Sanchez dan Heene (dalam Kusdi, 2009:94). Keuntungan ditingkat korporat adalah berupa:
  • Penekanan biaya (cost reductions);
  • Perbaikan produk atau proses; dan
  • Peningkatan kecepatan. Strategi ini untuk menjalankan misi yang telah kita siapkan dalam organisasi tersebut sesuai dengan bidang yang telah menjadi bagiannya. Strategi ini biasa disebut dengan Grand Strategy karena akan menjadi akibat sangat fatal ketika kita salah dalam menjawab misi dari sebuah organisasi baik dari kata-kata maupun kebiajkan yang ditearpkan dalam organisasi.
  • Strategi level bisnis (bussiness-level strategi). jadi, perusahaan multi bisnis, masing-masing divisi akan mengembangkan strateginya sendiri berkaitan dengan produk dan seterusnya. Titik beratnya adalah memperkuat daya saing unit bisnis.
  • Strategi level fungsional (functional-level strategy). Fungsi pemasaran, sebagai contoh tentu perlu merumuskan sendiri cara-cara operasional terbaik dalam rangka memasarkan produk-poduk atau jasa yang dihasilkan perusahaan.
  • Perbedaan strategi dan tujuan organisasi
  • Pada dasarnya strategi dan tujuan merupakan dua hal yang saling berkaitan, terkadang organisasi akan menetapkan tujuan terlebih dahulu dan kemudian strategi yang diperlukan untuk menunjang pencapaian suatu tujuan organisasi maupun sebaliknya.
  • Menurut Robbins (1990:122) Tujuan organisasi mengacu pada hasil akhir sedangkan strategi tidak hanya bertumpu pada hasil akhir tetapi juga memperhatikan cara-cara pencapaian. Tujuan dalam organisasi dapat lebih mengarah pada hal yang ingin dicapai berdasarkan kapitalitas dan sumber daya yang tersedia dalam organisasi.
  •       Dan sebaliknya, strategi dalam organisasi mengarah pada kecocokan kapitalis dan sumber daya internal yaitu, kelemahan dan kekuatan organisasi berserta ancaman dan peluang dalam lingkungan organisasi tersebut.
  • Jika dilihat dari sudut tujuannya dikenal sebagai organisasi perusahaan (business organization).
  • Organisasi perusahaan bertujuan untuk mendapatkan laba dan memiliki prinsip ekonomis rasional.
  • Organisasi sosial bertujuan untuk memberikan pelayanan, sedangkan prinsip kegiatannya yaitu pengabdian sosial.
  • Tujuan organisasi

Tujuan organisasi secara umum merupakan keadaan yang ingin dicapai oleh organisasi di waktu yang akan mendatang melalui kegiatan organisasi. Untuk mencapai tujuan dalam organisasi, individu (orang) di dalam organisasi diharapkan untuk dapat mendesain ataupun me-manage organisasi dengan matang agar organisasi dapat berjalan dengan baik. oleh sebab itu, demi berjalan dengan baiknya suatu organisasi diperlukan perhatikan beberapa prinsip organisasi (Jati:2000), seperti berikut:

  • Perumusan tujuan yang jelas, sebab tujuan organisasi berfungsi untuk: pedoman ke arah mana organisasi akan dibawa, landasan bagi organisasi tersebut, menetukan macam aktifitas yang akan dilakukan, menentukan program, prosedur, dan beberapa hal terkaait dengan koordinasi, intergritas, simplikasi, sinkronisasi, dan mekanisme.
  • Pembagian tugas dan pekerjaan (job Discription)
  • Delegasi kekuasaan yang berarrti pemimpin organisasi itu dipilih secara mufakat dan harus diikuti dengan adanya pertanggung jawaban.
  • Kesatuan perintah (one of command) dan tanggung jawab.
  • Prinsip kepemimpinan,dalam konteks kontemporal dari prinsip ini yang paling mengemukakan ke permukaan adalah prinsip kebersamaan, mau mendengarkan dan menyelaraskan diri dengan nila-nilai dari seluruh komponen organisasi, khususnya pada kepengurusan organisasi.
  • Tingkat pengawasan, dengan diadakan sebuah monitoring terhadap kinerja pelaku
  • organisasi atau lebih familiar dengan sebutan oposisi.
  • Tipe – tipe tujuan organisasi
  • Klasifikasi tujuan dari Penow bagi organisasi pada umumnya dibedakan menjadi 5 tujuan menurut “sudut pandangan mereka yang berkepantingan” , yaitu :
  • Tujuan Kemasyarakatan (Societal Goals), berkenaan dengan kelas-kelas organisasi luas yang memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat.
  • Tujuan Keluaran (Output Goals), berkenaan dengan jenis-jenis keluaran tertentu dalam bentuk fungsi-fungsi konsumen. Contoh : barang- barang konsumen, jasa-jas bisnis.
  • Tujuan Sistem(System Goals), cara pelaksanaan fungsi organisasi tidak tergantung pada barang / jasa yang diproduksi / tujuan yang diambil.
  • Tujuan Produk (Product Goals) / Tujuan Karakteristik Produk, berbagai karakteristik barang- barang / jasa-jasa produksi.
  • Tujuan Turunan (Derived Goals), tujuan digunakan organisasi untuk meletakkan kekuasaanya dalam pencapaian tujuan lain.

DAFTAR PUSTAKA

Caca. 2012. Segi Tujuan Organisasi . (onlie)http://blogcaca.blogspot.com

Diakses tanggal 12 Juni 2021

Permatasari, 2012. Tujuan Organisasi. (online)www.permatasari.blogspot.com

Diakses tanggal 12 Juni 2021

Bioprocess Engineering Brawijaya University. Tujuan dan Strategi Organisasi (online) http://blog.ub.ac.id/ainunazizi/2013/11/11/tujuan-dan-strategi-organisasi/ Diakses tanggal 24 Juni 2021

Kusdi. 2009. Teori Organisasi dan Administrasi. Jakarta : Salemba Humanika

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun