Mohon tunggu...
Nur HendraMaharani
Nur HendraMaharani Mohon Tunggu... Mahasiswa

Pendidikan Luar Biasa, Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN UNS Supporting Pemahaman Masyarakat Tanggap Wabah Covid-19

12 Juli 2020   00:07 Diperbarui: 12 Juli 2020   00:00 64 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UNS Supporting Pemahaman Masyarakat Tanggap Wabah Covid-19
Dok. pribadi

Surakarta-Sejak tanggal 22 Mei 2020 hingga 30 Juni 2020, telah dilaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNS Tanggap Wabah COVID-19 Tahap II di Kampung Sumpingan RT 05/RW 06 Kadipiro, Banjarsari, Surakarta. Kegiatan KKN di masa pandemi ini dilaksanakan secara individu oleh Nur Hendra Maharani (Mahasiswi Pogram Studi Pendidikan Luar Biasa, Universitas Sebelas Maret) dibawah bimbingan Dr. Sarwono, M.Sn.

Kegiatan KKN ini mengusung tema "Supporting Pemahaman Masyarakat terkait Upaya Pencegahan Penularan COVID-19". Salah satu program kerjanya yaitu "Kegiatan Belajar Menyenangkan". Program ini dilaksanakan untuk mengisi waktu liburan anak-anak di Kampung Sumpingan dengan tetap mengedepankan berbagai protokol kesehatan.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Kegiatan diawali dengan sosialisasi wajibnya penggunaan masker dan pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) "Gerakan Mencuci Tangan dengan Sabun". Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman anak-anak untuk ikut serta dalam upaya pencegahan penularan COVID-19. Agar anak-anak lebih antusias mengikuti jalannya kegiatan, mahasiswi KKN UNS Tanggap Wabah COVID-19 memanfaatkan seni melipat kertas atau origami sebagai media belajar yang menyenangkan. Selama kegiatan berlangsung anak-anak diberikan pemahaman tentang pentingnya jaga jarak atau physical distancing dan tetap di rumah saja selama masa pandemi.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Selain untuk meningkatkan pemahaman mengenai upaya pencegahan penularan COVID-19, program belajar seni melipat kertas atau origami memiliki banyak manfaat untuk anak-anak. Dengan bermain origami dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik halus, meningkatkan persepsi visual dan spasial, meningkatkan pemahaman akurasi, meningkatkan kontrol motorik dan otak secara bersamaan, serta meningkatkan kreatifitas anak.

VIDEO PILIHAN