Mohon tunggu...
Nisaa Hakim
Nisaa Hakim Mohon Tunggu... NUB

Belajar dari setiap orang yang saya temui. Belajar dari lingkungan. Belajar tidak ada batas waktu. Refleksi diri.

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Apakah Artinya Bawang Kothong? Istilah Yang Familiar di Kalangan Anak Jawa Zaman Old

16 September 2018   09:51 Diperbarui: 12 Desember 2018   22:56 0 1 1 Mohon Tunggu...
Apakah Artinya Bawang Kothong? Istilah Yang Familiar di Kalangan Anak Jawa Zaman Old
https://feedram.club

Bawang kothong, atau bawang kotong orang jawa pastilah tidak asing dengan kata ini. Dalam istilah bahasa jawa, bawang kothong adalah kata yang sering digunakan pada permainan anak-anak. Biasanya julukan ini diberikan kepada anak bontot atau anak paling kecil di sebuah permainan. Biasanya anak yang lebih besar memberi kebebasan kepada si anak kecil untuk ikut bermain akan tetapi tidak dianggap apa-apa. Apapun yang ia lakukan dalam permainan itu dianggap benar oleh kakak-kakaknya.

Misal dalam permainan gobag sodor, tim A adalah si penjaga garis yang bertugas menghadang lawan supaya tidak sampai pada finish. Kemudian tim B adalah yang harus melewati penjaga. Lalu ada si anak bawang kothong dalam tim B, jika anak bawang kothong ini terkena oleh penjaga, maka ia tak akan mati. 

Anak bawang kothong biasanya dibiarkan lolos hingga finish. Namun sebaliknya, bila tim B yang jadi tim penjaga garis, dan si anak bawang kothong tersebut mampu menghadang dan menangkap lawan, maka tim lawan akan tetap mati.

Gobag sodor. Foto pribadi
Gobag sodor. Foto pribadi
Banyak keistimewaan menjadi bawang kothong. Selain ia selalu menangan, kakak-kakak juga tidak boleh berlaku curang pada si anak bawang kothong. Jadi pokoknya apapun yang dilakukan si anak bawang kothong dalam permainannya, "diiyain ajadeh" gitu. 

Biasanya si anak bawang kothong ini hadir dalam permainan karena kakak-kakaknya yang berusaha ngemong.

Daripada si adek bontot ini nangis karena tidak diajak main, lebih baik ikutan main tapi bawang kothong. Dan walaupun keberadaannya tidak dianggap dalam permainan, si anak bawang kothong ini tetap bahagia kok.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x