Mohon tunggu...
Ngali Hakim
Ngali Hakim Mohon Tunggu... -

Bekerja sebagai tenaga pendamping Implementasi Sistem Manajemen Mutu

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Survey Kepuasan Masyarakat KKP Kelas II Bandung 2018

20 Mei 2018   15:04 Diperbarui: 20 Mei 2018   15:10 350
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Survei Kepuasan Pelayanan Vaksinasi dengan Wawancara

Semangat Pelayanan Publik sebagaimana diamanatkan dalam Undang - undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik sudah semestinya menjadi semangat instansi pemerintah dalam memberikan pelayanan yang bermutu bagi seluruh masyarakat.

Demikian hal-nya yang menjadi fokus pelayanan di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Bandung sebagaimana tupoksi yang diemban dalam rangka Cegah Tangkal Faktor Risiko untuk Mewujudkan Masyarakat Sehat yang Mandiri dan Berkeadilan di Pintu Gerbang Negara.

Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Bandung melihat bahwa dinamika yang terjadi dalam pembangunan dan perilaku masyarakat terkait dengan perjalanan antar daerah dan antar negara yang perlu dikendalikan dalam rangka Cegah Tangkal Faktor Risiko di Pintu Gerbang Negara perlu diimbangi dengan pelayanan yang memadai dan tentu saja memenuhi harapan para pemangku kepentingan.

Seiring dengan semangat pelayanan publik Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Bandung telah menerapkan ISO 9001 dan bahkan pada tahun 2016 telah melakukan upgrade implementasi ISO 9001:2015 sebagai upaya dalam membangun sistem manajemen mutu yang update yang bermuara pada kepuasan pelanggan dan sustainability atau keterusberlangsungan organisasi dalam memberikan pelayanan yang bermutu. 

Perbaikan dari waktu ke waktu yang berkelanjutan juga terus ditingkatkan dengan mengenali isu isu internal eksternal serta mengenali para pemangku kepentingan beserta harapannya.

Dalam rangka terus menerus memantau dan memperbarui informasi terkait persyaratan pelanggan serta upaya organisasi untuk melihat persepsi pelanggan dalam hal ini masyarakat pengguna layanan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Bandung, maka pucuk pimpinan beserta seluruh jajaran telah membuktikan komitmennya dengan selalu melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat secara berkala setiap tahun.

Adapun Survei Kepuasan Masyarakat pada tahun 2018 dengan pertimbangan pucuk pimpinan bahwa perlunya Survei yang dilaksanakan oleh pihak independen maka disepakati kerja sama dengan pihak rekanan untuk melaksanakan Survei Kepuasan Masyarkat dengan harapan Masyarakat lebih bisa menyampaikan persepsinya terhadap layanan yang diterima dengan lebih gamblang, terbuka dan tidak dalam pengaruh atau arahan petugas. 

Sehingga pada bulan Februari hingga Maret 2018 telah dilakukan Survei Kepuasan Masyarakat pada Pelayanan Vaksinasi dan Penerbitan ICV, Pelayanan Dokumen Kesehatan Kapal, Pelayanan Pemeriksaan Tempat Penyedia Makanan (TPM) pada area terbatas Pelabuhan/ Bandara, serta Pelayanan Sanitasi Pesawat oleh rekanan yang ditunjuk dalam hal ini PT. Innovative Management Consultant.

Survei Kepuasan Masyarakat yang dilaksanakan mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, dimana diamanatkan pula bahwa Hasil survei kepuasan masyarakat wajib diinformasikan kepada publik minimal di ruang layanan atau melalui media cetak, media pemberitaan online, website unit, atau media jejaring sosial.

Survei Kepuasan Pelanggan di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Bandung dilaksanakan dalam 5 tahapan antara lain : 1. Tahap Persiapan Survei, 2. Tahap Pelaksanaan Survei, 3. Tahap Pengolahan Hasil Survei, 4. Tahap Pelaporan Hasil Survei 5. Sosialisasi Hasil Survei

Pada Tahap Persiapan Survei, tanggal 8 -- 9 Feb 2018 Tim beserta pucuk pimpinan dan jajaran struktural melakukan rapat koordinasi dan persiapan sarana prasarana, pengumpulan data dukung seperti data layanan untuk melihat populasi, penentuan jumlah responden serta penetapan lokasi  sehingga Survei dapat berjalan dengan lancar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun