Mohon tunggu...
nafisa mela
nafisa mela Mohon Tunggu... Semangat belajar Istiqomah Ngaji

bisa jika mau

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Jangan Hakimi Persepsi Seseorang yang Berbeda!

8 Maret 2021   20:08 Diperbarui: 8 Maret 2021   20:33 188 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan Hakimi Persepsi Seseorang yang Berbeda!
vladimirkush.com/love-talk

Apa yang pertama kali kamu lihat ?

gambar manakah yang mencuri perhatianmu ?

ketika melihat gambar diatas akan ada banyak variasi pendapat dari masing - masing orang, ada yang menurutnya gambar ini, ada yang itu, ada juga yang ini itu :)

oke, mari kita pelajari hal ini !

1. Sensasi

Sensasi berasal dari kata "sense", artinya alat pengindraan. Sensasi ialah rangsangan yang kita peroleh melalui panca indra, alat-alat indra kita seperti (Indra penglihatan, indra pengecap, indra penciuman,  indra pendengaran, dan indra peraba). Seperti apa yang kita kecap, apa yang kita lihat, apa yang kita dengar dan apa yang kita cium itu berbeda dari yang lainnya karena referensi yang kita lihat beda - beda.

Contohnya : lagu dangdut, ketika orang yang suka lagu dangdut dimanapun dia apapun kondisinya dia akan ikutan nyanyi atau ikutan bergoyang karena menurutnya itulah yang dia sukai, lain halnya dengan orang yang tidak suka entah mereka akan merasa alay, nyinyir atau lain sebagainya. Begitupun untuk orang yang suka musik rock mereka akan berjoget ria ketika mendengarnya karena mereka memaknai apa yang mereka dengar menyenangkan.

Panca indra seperti kulit, mata, telinga, lidah, dan hidung ialah penghubung antara otak dan lingkungan sekitar. Telinga bereaksi terhadap gelombang suara, kulit bereaksi terhadap temperatur dan tekanan, hidung bereaksi terhadap bau-bauan dan lidah bereaksi terhadap rasa, mata bereaksi terhadap gelombang cahaya. Lalu rangsangan-rangsangan ini dikirimkan ke otak. Sensasi merujuk pada pesan yang dikirimkan ke otak lewat pendengaran, perabaan, penglihatan, penciuman, dan pengecepan.

Sensasi dalam perspektif islam dalam Al-Qur'an yaitu ada pada surat An-Nahl ayat 78 yang artinya "Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur".

Dalam QS: Al-Insn ayat 76 yang artinya :"Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat"

Pada ayat tersebut memberikan gambaran bahwa manusia dilahirkan dengan alat indera sehingga manusia dapat merasa atas apa yang terjadi pada dirinya, dengan alat indera tersebut manusia akan mengenali lingkungannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN